Salah satu kelengkapan dalam pembelajaran yang selalu digunakan adalah buku, tentunya dalam sistem pendidikan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sudah mengatur dan mengelompokkan beberapa jenis buku ajar. Buku ajar ini tentu harus ditulis oleh ahli di bidangnya masing-masing karena nantinya akan digunakan untuk instruksional tertentu sebagai sarana pengajaran.

Saat ini buku ajar sudah tidak diterbitkan secara khusus oleh pemerintah tetapi diambil alih pihak swasta. Untuk itu pihak pemerintah menetapkan standar tertentu mengenai jenis buku ajar dan ketentuan lainnya mengenai buku ajar yang akan diterbitkan. Sehingga nantinya tidak akan mengganggu materi pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang sudah ditentukan sebelumnya.

Buku Ajar: Modul

Modul adalah salah satu program pembelajaran kecil yang bisa digunakan untuk belajar siswa secara mandiri. Pembuatan modul ini harus dikemas secara sistematis, menarik, lengkap dengan cakupan materi, dan evaluasi di dalamnya. Sehingga nantinya para siswa bisa menggunakannya secara mandiri untuk mencapai kompetensi yang sudah ditentukan dalam sistem pendidikan sesuai jenjangnya.

Buku Ajar: Diktat

Dalam buku ini harus memuat adanya penerapan ilmu secara khusus sesuai bidang yang dibahas. Biasanya salah satu jenis buku ajar ini digunakan sebagai bahan ajar untuk mata kuliah yang dibuat oleh ahli atau pengajarnya. Kaidah penulisan yang digunakan akan mengikuti penulisan ilmiah untuk nantinya disebarluaskan kepada para mahasiswa.

Buku Ajar: Referensi

Salah satu jenis buku ajar yang juga banyak digunakan adalah buku referensi. Jenis buku ini merupakan suatu media yang isinya adalah kumpulan fakta terkait tentang satu bidang pengetahuan. Jadi buku jenis referensi ini berisikan informasi yang ringkas seperti kamus, atlas, dan ensiklopedia. Sehingga informasi yang ada di dalamnya bisa dengan mudah dicerna pembacanya. Tidak ada standar khusus untuk penulisannya, tetapi lebih berfokus pada jumlah data yang dituliskan di dalamnya.

Buku Ajar

Sebenarnya bentuk dari buku ajar itu sendiri adalah seperti buku biasa, tetapi isi materi yang ada di dalamnya harus memiliki kualitas yang baik dan ada pengsahan dari badan berwenang di bawah Dinas Pendidikan Nasional. Buku ini harus ditulis oleh ahli di bidangnya karena nanti akan digunakan untuk menjadi salah satu media pelengkap proses mengajar. Sehingga dalam proses pembuatannya juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Setiap jenis dari buku ajar ini memiliki fungsinya masing-masing. Tentunya penyesuaian penulisan materi di dalamnya juga harus benar-benar dipertimbangkan dengan baik. Sehingga nantinya fungsi dan tujuan dari pembuatannya bisa tercapai secara optimal. Apalagi buku ini digunakan sebagai pendukung perkembangan pendidikan di Indonesia. Maka memahami jenis buku ajar dan mengetahui cara penulisannya yang tepat menjadi hal penting untuk Anda diperhatikan.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.