Dengan adanya perkembangan dunia internet saat ini maka berpengaruh besar terhadap berkembangnya penggunaan buku digital. Tidak sulit untuk membuat sebuah buku yang bisa disebarkan secara digital sekarang ini. Namun memang ada beberapa hal yang perlu untuk Anda persiapkan sebelum membuat dan menjual buku dalam bentuk digital di Google Playstore.

Anda perlu mempertimbangkan berbagai keunggulan dari membuat buku dalam bentuk digital. Dengan persiapan yang matang maka Anda akan mendapatkan banyak keuntungan yang optimal. Penting untuk mempersiapkan segalanya dengan baik apalagi jika Anda sudah mengetahui caa penjualannya tentu akan lebih mudah nantinya.

Mempersiapkan Proses Membuat Buku Digital

Langkah pertama tentu Anda harus mempersiapkan naskah yang akan dijadikan sebagai buku dalam bentuk digital. Setelah file disiapkan di microsoft word kemudian bisa save as dengan web page. Jadi sebelum Anda save as sebaiknya naskah sudah dalam bentuk yang rapi dan disunting terlebih dahulu.

Namun sebelum itu, Anda harus install aplikasi Sigil terlebih dahulu, sesuaikanlah versinya dengan kemampuan laptop Anda masing-masing. Buka aplikasi tersebut pilih materi yang sudah disimpan dalam bentuk HTML  untuk memudahkan prosesnya. Sehingga Anda bisa dengan mudah membuat buku digital ini memanfaatkan bantuan aplikasi ini.

Salah satu poin penting yang harus Anda perhatikan dengan baik adalah cover dari naskah buku tersebut. Kelengkapan dari buku tersebut harus sudah diperhatikan dengan baik. Penataan naskah yang baik tentu akan menghasilkan buku dalam bentuk digital yang berkualitas tentunya. Sehingga Anda tidak perlu terburu-buru untuk menjualnya karena sangat penting untuk melakukan langkah persiapan dengan baik.

Cara Menjual Buku Digital Melalui Google Play

Pada dasarnya ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menjual buku melalui Google Play tentunya dalam bentuk digital. Pertama dengan menggunakan jasa penerbit yang memang sudah menjadi mitra dari Google Books. Anda tinggal menyiapkan naskah yang sudah jadi kepada penerbit tersebut dan memanfaatkan jasa mereka untuk menerbitkan buku tersebut dalam bentuk digital. Tentunya Anda tinggal membuat kesepakatan khusus dengan pihak penerbit yang digunakan jasanya.

Jika Anda ingin melakukan penjualan sendiri tanpa pihak lain bisa langsung mendaftarkan diri sebagai mitra Google Books dengan mengisi formulis khusus yang sudah disediakan. Memang untuk pihak-pihak yang bisa menjadi mitra Google Books akan dipilih dan dibatasi. Tetapi jika Anda ingin menjadi seorang self publisher itu juga masih sangat memungkinkan, sehingga cara ini masih bisa Anda coba.

Setelah diterima untuk menjadi mitra maka Anda bisa menentukan sendiri harga yang ditentukan untuk penjualan buku tersebut dan mengatur penjualannya. Berbagai kemudahan tersebut bisa Anda dapatkan dengan baik jika sudah melakukan setiap langkahnya dengan benar atau memutuskan mempercayakan pada pihak penerbit saja. Jadi ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan penjualan buku digital melalui Google Play.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.