Kita semua tahu bahwa genre karya sastra itu beragam, salah satunya adalah genre sastra Amerika Latin. Nah, pernahkah kamu membaca buku-buku sastra Amerika Latin? Atau apa kamu masih belum tahu apa itu genre sastra Amerika Latin?

Tenang, dalam artikel ini kamu akan mengetahui perihal sastra Amerika Latin beserta rekomendasi buku Amerika Latin yang jarang diperbincangkan. Siapa tahu dengan mengenal genre sastra ini bisa menambah daftar bahan bacaanmu untuk selanjutnya. 

 

Sejarah Munculnya Amerika Latin 

Sumber: Britannica.com

Sebagai salah satu genre karya sastra, sastra Amerika Latin ini mulai menonjol pada saat yang sama dengan sastra Amerika Spanyol, yaitu selama era Modernisme (sekitar 1880—1920). Dalam istilah sastra dan sejarah, penulisan karya di Amerika Latin menyajikan salah satu perkembangan paling signifikan yang terjadi di wilayah tersebut.

Selain itu, narasi-narasi yang tercipta telah dibentuk oleh pengalaman kolonialisme dan kemerdekaan. Hingga saat ini, tulisan Amerika Latin telah menjadi genre yang dinikmati karena popularitas dan prestise di semua tingkatan. 

 

Karakteristik Cerita Amerika Latin

Dengan adanya budaya yang berbeda-beda, cerita atau kisah yang ditulis pun jadi beragam. Pada masa kolonial, kehidupan intelektual didominasi oleh neo-skolastik, di mana lebih menekankan sumber-sumber kalsik, seperti retorika dan logika. 

Penulis kontemporer Amerika Latin membangun fondasi yang ditinggalkan oleh semua tren masa lalu, misalnya romantisme, criollismo, avant-garde, dan neo-realisme. Banyak dari mereka yang memfokuskan kisah pada dunia yang tidak nyata, absurd, dan irasional. Namun, tidak dimungkiri jika masih banyak juga karya yang berangkat dari kisah realitas sosial.

 

Beberapa Penulis yang Terkenal

Dalam dunia sastra Amerika Latin, pasti kamu tidak asing dengan penulis yang bernama Gabriel Garcia Marquez. Selain menjadi penulis yang mendapatkan penghargaan Nobel pada 1982, Marquez juga disebut sebagai tokoh utama dalam gaya sastra realisme magis. 

Namun, tak hanya nama Marquez yang memenuhi panggung dunia sastra Amerika Latin. Terdapat penulis lain yang karya-karyanya juga terkenal, seperti Miguel Angel Asturias yang mendapat Nobel tahun 1967, Pablo Neruda meraih Nobel pada 1971, Mario Vargas Llosa pada 2010, dan masih banyak lainnya lagi. 

Karya-karya yang mereka terbitkan pun luar biasa, mulai dari karya bertema surealisme, epos, manifesto politik, bentuk protes sosial, atau tema lainnya yang tak kalah seru. 

 

Buku Bertema Amerika Latin

Sumber: nytimes.com

Berkat ceritanya yang menarik dengan mengambil beragam tema, buku-buku bertema Amerika Latin menjadi menarik untuk diketahui, terlebih dari segi fiksi. Selain karya dari nama-nama penulis di atas, ada beberapa buku bertema Amerika Latin yang bisa kamu nikmati. Misalnya saja, novel Quesadillas karya Juan Pablo Villalobos. Novel ini bercerita tentang seorang laki-laki bernama Orestes sedang mencari kedua kakaknya yang menghilang secara tiba-tiba. Selama ia mencari, muncul beberapa perspektif terkait kondisi politik Meksiko. 

Kemudian ada juga novel karya Luis Sepulveda yang jika diterjemahkan judulnya adalah Pak Tua yang Membaca Kisah Cinta. Novel ini bercerita tentang kehidupan seorang pria tua yang tinggal di pedalaman Ekuador sendirian. Selain itu, novel yang mengangkat isu lingkungan di dalamnya juga menggambarkan tentang keragaman etnis di Amerika Selatan, dan masih banyak karya lainnya lagi.

 

Ya, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang sastra Amerika Latin, mulai dari sejarah, penulis terkenal, hingga buku-buku yang mengangkat tema Amerika Latin. 

Bagaimana? Apa sekarang kamu semakin termotivasi untuk menulis? Jika iya, wujudkanlah inginmu untuk menulis sekarang juga. Penerbit buku Malang dan penerbit di kota lain siap untuk membantu menerbitkan karyamu yang sangat luar biasa itu. 

Jika merasa tidak bisa menulis sendiri, kini sudah hadir orang-orang yang menawarkan jasa menulis buku. Tentu jangan asal memilih jasa menulis buku, ya. Kamu perlu mengetahui bagaimana track record penyedia jasa tersebut.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.