Sumber: pinterest/listverse.com

Kisah perjalanan tentang kehidupan selalu menarik mata. Ini karena masing-masing orang memiliki cerita perjalanan yang berbeda-beda, baik itu menyenangkan ataupun menyedihkan. Asal kamu tahu, cerita tentang perjalanan hidup ini bisa menjadi ide menulismu, lho. Cerita-cerita hidup tersebut bisa ditulis dalam bentuk biografi, autobiografi, atau memoar.

Nah, kali ini akan dibahas perbedaan dari biografi, autobiografi, dan memoar. Simak baik-baik, ya, agar kamu lebih memahami dan mudah dalam menuliskan ceritanya.

 

Biografi

Sumber: geotimes.com

Biografi merupakan sebuah tulisan yang berisi riwayat hidup seseorang. Penulisannya dilakukan oleh orang lain secara detail. Tokoh-tokoh yang diambil juga merupakan orang-orang terkenal yang memiliki dampak besar dan menginspirasi.

Stuktur penulisan:

  • Pengenalan tokoh utama
  • Cerita permasalahan tokoh yang dapat memotivasi pembaca
  • Opini penulis terhadap kehidupan tokoh

 

Autobiografi

Autobiografi merupakan sebuah tulisan yang berisi riwayat hidup seseorang, tetapi ditulis oleh dirinya sendiri. Penulis menceritakan kisah hidupnya secara detail mulai dari masa kecil hingga batas waktu yang diinginkan. Saat ini, banyak tokoh terkenal yang menuliskan perjalanan hidupnya sendiri karena ingin menebarkan semangat dan motivasi. 

Struktur penulisan:

  • Pengenalan latar belakang keluarga
  • Pengenalan tokoh dulu dan sekarang
  • Menceritakan prestasi

 

Memoar

Sumber: pinterest/pngtree.com

Memoar merupakan sebuah tulisan yang menyerupai autobiografi, tetapi lebih menekankan ke tanggapan dan kesan penulis. Dalam penulisannya, penulis hanya bercerita tentang beberapa kisah yang dianggap menarik saja.  Biasanya, kisah yang diceritakan meliputi perjalanan karier.

Struktur penulisan:

  • Pengenalan tokoh utama
  • Menceritakan kisah yang dianggap penting
  • Penggambaran perasaan yang dirasakan

 

Nah, itulah perbedaan dari biografi, autobiografi, dan memoar yang bisa kamu pahami. Kira-kira, kamu tertarik menulis yang mana? Sekarang, saatnya kamu untuk mempraktikkannya dan kalau sudah selesai, kamu bisa bekerja sama dengan penerbit buku Malang

Akan tetapi, bagi kamu yang masih merasa kesulitan dalam menulis, kamu bisa mengikuti pelatihan menulis, seperti Book Writing Camp atau yang sejenis.  

Selamat berkarya!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping