Sumber: pinterest.com

Memulai perjalanan menjadi penulis bisa dimulai dari beberapa langkah. Bisa dengan bergabung menjadi bagian dari perusahaan jasa ghoswriter untuk mengetahui gaya menulismu. Bisa juga dengan membaca karya-karya penulis favorit untuk dijadikan sumber inspirasi.

Siapa nih penulis favoritmu? Apakah Sir Arthur Conan Doyle?

Jika iya, kamu beruntung. Karena kali ini akan dibahas mengenai penulis hebat dibalik cerita-cerita Sherlock Holmes. Yuk, simak beberapa fakta yang bisa kamu ketahui tentangnya! 

 

Menulis sambil Belajar Botani

Sumber: expedia.co.id

Sir Arthur Conan Doyle merupakan alumni dari Fakultas Kedokteran Universitas Edinburgh. Ia lulus sarjana pada tahun 1881, lalu melanjutkan studi Magister Bedah dan lulus pada tahun 1885. Ketika menjadi mahasiswa, ia juga bekerja paruh waktu dan diselingi untuk mendalami Ilmu Botani di Royal Botanic Garden.

Dalam pernikahannya, ia dikaruniai 5 orang anak dan mereka semua telah meninggal dunia tanpa ada yang menikah. Dua anak bernama Mary dan Kinsley merupakan anak dari pernikahannya dengan Louisa Hawkins. Sementara 3 anak lainnya bernama Denis, Adrian, dan Jean merupakan anak dari pernikahannya dengan Jean Leckie.

 

Menulis di Sela-Sela Menjadi Mahasiswa

Sumber: arthur-conan-doyle.com

Pertama kali Sir Arthur Conan Doyle masuk ke dunia kepenulisan, yaitu di sela-sela sibuk menjadi mahasiswa. Ia mulai menulis cerita pendek hingga artikel akademis. Meski rajin menulis, tetapi ia tidak langsung dikenal, bahkan sempat mengalami penolakan hingga akhirnya muncul Sherlock Holmes yang melangitkan namanya.

Sosok Sherlock Holmes yang diciptakan oleh Sir Arthur Conan Doyle merupakan wujud inspirasi dari seorang dosennya. Ketika berkuliah di Universitas Edinburgh, ia memiliki dosen bernama Dr. Joseph Bell. Kemampuan Dr. Joseph Bell dalam observasi, deduksi, diagnosis, dan menggunakan logika sangat membuatnya terkesan.

 

Karyanya yang Terlaris

Sumber: id.carousell.com

Sherlock Holmes: The Complete Novels and Stories merupakan buku karya Sir Arthur Conan Doyle yang paling laris dan telah dibaca oleh jutaan orang di dunia. Buku yang memiliki 1088 halaman ini  berisi sekumpulan kisah dari cerita mengenai Sherlock Holmes sebelumnya. Beberapa seri Sherlock Holmes sebagai berikut.

  • A Study in Scarlet (1887)
  • The Sign of Four (1890)
  • The Adventures of Sherlock Holmes (1892)
  • The Memoirs of Sherlock Holmes (1894)
  • The Hound of the Baskervilles (1901)
  • The Return of Sherlock Holmes (1905)
  • The Valley of Fear (1914)
  • His Last Bow (1917)
  • The Case Book of Sherlock Holmes (1921)

 

Setting Lokasi yang Indah

Sumber: id.educations.com

Negara yang digunakan sebagai latar tempat dalam cerita Sherlock Holmes adalah Negara Inggris. Kota-kota yang sering dipakai oleh Sir Arthur Conan Doyle, meliputi London, Sussex, dan Devon. Namun, Kota Reichenbach Falls di Swiss juga menjadi lokasi penting dalam cerita yang dibuat. 

 

Oke, itu tadi lima fakta dari Sir Arthur Conan Doyle yang dapat kamu ketahui. Gimana? Sudah siap menjadi penulis yang tak kalah hebat selanjutnya? Segera serahkan naskah kerenmu itu ke penerbit buku Malang atau penerbit yang ada di kotamu. 

Selamat berkarya!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.