Menulis memang bisa menjadi sarana untuk melepaskan segala tekanan yang ada dalam pikiran, salah satunya adalah dengan menulis ekspresif. Kegiatan ini bisa membantu Anda untuk lebih tenang dan melepaskan segala pikiran dan perasaan yang terpendam sebelumnya. Sehingga nantinya dalam menjalani pekerjaan sehari-hari tentu akan lebih rileks.

 

Kegiatan menulis ekspresif adalah menuliskan semua pikiran serta perasaan yang Anda rasakan ketika sedang mengalami stres. Tidak perlu memikirkan soal kaidah bahasa hingga aturan penggunaan tanda baca, tetapi Anda bisa fokus pada perasaan yang sedang begitu dalam dirasakan dan mengekspresikannya dalam bentuk kata-kata. Luapkan saja semuanya tanpa perlu ditahan atau merasa malu. Cara ini bisa memberikan manfaat yang besar untuk Anda.

 

Belajar Terbiasa dengan Reaksi Negatif

Menulis secara ekspresif berarti Anda menuliskan dan menggambarkan berbagai hal yang dirasakan mulai secara fisik hingga emosi saat stres itu muncul. Dengan seringnya Anda melakukan hal ini maka Anda akan terbiasa dengan adanya reaksi-reaksi negatif yang muncul dalam kondisi stres serupa. Maka ke depannya Anda bisa mengatasi stres ini secara lebih mudah karena sudah tahu cara mengatasinya.

 

Memberikan Sudut Pandang Lain

Biasanya ketika sedang stres atau emosi maka Anda hanya akan berpikir pada satu sisi. Dengan melakukan proses menulis ekspresif ini maka selain melepaskan emosi yang Anda rasakan juga membantu memberikan sudut pandang yang lain. Setelah menulis Anda akan mendapatkan pemikiran yang lain dan bisa mengelola emosi secara lebih baik ke depannya. Segala pemicu stres bisa Anda keluarkan dan dicerna dalam sudut pandang lain yang lebih tenang.

 

Mengalihkan Fokus Emosi

Ketika Anda melakukan proses menulis secara ekspresif maka yang sebelumnya dalam pikiran dan perasaan Anda maka akan teralihkan dengan baik. Hal ini tentunya akan membantu untuk mengendalikan emosi dengan cara yang tepat. Sehingga Anda perlu juga melakukan proses menulis ini secara rutin untuk merasakan manfaat yang optimal dari proses menulis yang satu ini.

 

Menulis memang bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda terutama mengelola pikiran dan perasaan. Apalagi dengan tulisan yang ekspresif ini Anda bisa mengambil banyak pelajaran dan dijadikan sebagai inspirasi untuk membuat karya buku. Tentu akan sangat menyenangkan dari awalnya hanya menulis ekspresif untuk menghilangkan stress kemudian bisa dijadikan modal untuk membuat karya buku yang lebih bermanfaat jangka panjang.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.