Biasanya yang menjadi kendala dari para penulis pemula untuk mulai berkarya adalah bingung cara memulai berkarya, jadi Anda membutuhkan motivasi menulis buku yang lebih besar untuk bisa mulai berkarya. Motivasi ini tentu saja diperlukan setiap orang agar memiliki dorongan lebih untuk berkarya. Apalagi menulis memang memiliki tantangan tersendiri yang harus ditaklukkan.

Setiap orang mungkin saja memiliki motivasi yang berbeda untuk bisa mendorongnya maju. Tetapi Anda juga bisa mencoba memanfaatkan beberapa motivasi berikut yang sesuai dengan diri Anda masing-masing. Tentunya memaksimalkan efek dari motivasi itu sendiri akan bergantung pada cara Anda meningkatkan dorongan menyelesaikan tulisan yang sedang dikerjakan.

Berangkat dari Sebuah Keresahan

Ketika mungkin Anda merasa kesal dengan banyaknya kesalahan yang ada di masyarakat saat ini maka bisa dituangkan pada sebuah naskah buku. Adanya keresahan ini tentu menjadi dorongan bagi Anda untuk meluapkan segala hal yang ada dalam pikiran. Sehingga menulis buku adalah adalah sarana bagi Anda untuk menyampaikan pemikiran, kekesalan, dan aspirasi dalam bentuk yang menarik dan mungkin saja tidak secara langsung memengaruhi keadaan sekitar.

Frustasi dan Tekanan

Tingkat stres yang besar bisa menjadi salah satu motivasi bagi Anda untuk meluapkannya dalam bentuk tulisan. Bahkan menulis juga bisa dijadikan sebagai salah satu terapi untuk menurunkan tingkat emosi seseorang. Sehingga dengan menulis, segala tekanan yang Anda rasakan bisa lebih berkurang dan terluapkan dengan cara yang benar bukan yang bersifat merusak atau merugikan diri sendiri dan orang lain yang ada di sekitar.

Motivasi Menghasilkan Karya Lebih Besar

Ketika Anda meyakini bahwa tulisan yang dibuat terlalu besar jika dituliskan hanya dalam blog maka akan menjadi motivasi yang tepat untuk sebaiknya dikembangkan dalam bentuk buku. Dengan begitu Anda bisa lebih leluasa dalam menyampaikan segala hal yang memang ingin disampaikan. Naskah dalam bentuk buku tentu akan meningkatkan nama Anda sebagai penulis yang memberikan pengaruh terhadap masyarakat secara luas. Efek yang lebih besar tentu akan Anda dapatkan ketika menulis buku dibandingkan menulis blog untuk beberapa tipe gagasan yang besar.

Mendorong Diri Sendiri Untuk Menghasilkan Karya

Motivasi selanjutnya adalah menghasilkan karya terbaik. Setidaknya sepanjang hidup ada satu atau dua buku yang Anda hasilkan. Ketika Anda sudah mau memulai maka tuntaskanlah proses tersebut sampai akhir. Anda harus memiliki motivasi diri yang kuat dalam menghasilkan karya buku. Tentunya akan sangat membanggakan jika nama Anda tercantum dalam buku yang diterbitkan, apalagi itu adalah hasil tulisan Anda sendiri.

Dengan memaksimalkan motivasi tersebut maka Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan untuk bisa menyelesaikan naskah dengan baik. Setidaknya Anda bisa menyelesaikan naskah tersebut itu sudah menjadi salah satu hal yang dibanggakan. Selanjutnya Anda bisa melakukan rencana selanjutnya untuk melakukan penyuntingan hasil tulisan agar lebih maksimal lagi kualitasnya. Jadi pada dasarnya menulis buku bisa Anda mulai dari sesuatu yang sederhana dan diramu sebaik mungkin untuk jadi buku yang berkualitas.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.