Mungkin masih ada yang belum memahami perbedaan antara penerbit indie dan mayor yang akan membantu Anda untuk menerbitkan sebuah buku. Tentu saja ada perbedaan yang mencolok di antara keduanya meskipun secara umum fungsinya sama. Sehingga Anda bisa mengetahui secara lebih dalam untuk mempertimbangkan akan memanfaatkan fasilitas dari kedua jenis penerbit ini.

Sistem Percetakan Penerbit Indie dan Mayor

Pada penerbit mayor biasanya cetakan pertama buku akan dicetak dalam jumlah besar sesuai dengan kebijakan yang telah ditentukan sebelumnya, Anda sebagai penulis akan mengetahui hal itu dalam MOU yang disepakati di awal sebelum proses cetak. Sedangkan pada penerbit indie akan mencetak buku sesuai dengan permintaan dan kebutuhan Anda. Sehingga hal ini bergantung pada kebutuhan Anda menerbitkan buku dengan bantuan antara penerbit indie dan mayor.

Pertimbangan Biaya Antara Penerbit Indie dan Mayor

Mungkin sudah banyak diketahui bahwa menerbitkan buku di penerbit mayor maka sebagian besar atau bahkan seluruh biaya yang dibutuhkan untuk proses penerbitan akan ditanggung oleh pihak penerbit, sedangkan penulis akan mendapatkan royalti untuk hasil karya tulisannya. Sedangkan pada penerbit indie memang biaya akan ditanggung oleh penulis sendiri, tetapi Anda bisa meminta secara khusus menginginkan keseluruhan buku dicetak seperti apa, mulai dari desain, cover, hingga harga penjualannya. Tentu saja dengan kualitas penerbit indie yang baik nantinya budget yang Anda keluarkan akan kembali lagi menjadi sebuah keuntungan ketika kualitas buku yang diterbitkan berkualitas premium.

Penerimaan Naskah dari Penulis

Pada penerbit mayor tentu ada begitu banyak naskah yang masuk dan harus diseleksi terlebih dahulu sebelum akhirnya lolos diterbitkan. Mereka biasanya lebih cenderung pada keuntungan secara profit sehingga hanya memilih naskah yang akan banyak disukai di pasaran. Sehingga memang cukup sulit bagi Anda penulis pemula untuk bisa lolos seleksi naskah ini karena harus memenuhi permintaan dan selera pasar. Berbeda dengan penerbit indie yang memang bisa menjadi batu loncatan karena mereka akan fokus pada memenuhi keinginan Anda sebagai penulis. Sehingga ketika Anda yakin dengan naskah yang sudah ditulis mampu memberikan manfaat yang besar untuk orang banyak maka akan lebih baik menggunakan bantuan jasa dari penerbit indie.

Proses Distribusi Buku

Mengenai distribusi buku tentu saja antara penerbit indie dan mayor memiliki perbedaan yang mencolok. Untuk penerbit mayor tentu saja setiap buku yang dicetak akan secara langsung didistribusikan melalui toko buku yang mereka miliki, bisa juga ada yang dijual dalam bentuk e-book secara online. Sedangkan untuk penerbit indie maka kebanyakan akan dijual melalui berbagai media online. Bahkan dengan bantuan penerbit indie Anda juga bisa membuat buku yang ditulis berkesan premium dan eksklusif karena tidak dicetak dalam jumlah banyak dan langsung masuk ke sasaran pembaca yang tepat.

Setelah memahami berbagai perbedaan tersebut maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mempertimbangkan akan menggunakan bantuan jada dari jenis penerbit yang mana. Memang keduanya memiliki keunggulan masing-masing, sehingga bisa dikembalikan pada kebutuhan Anda mencetak buku tersebut dan pertimbangan lamanya naskah diterima oleh penerbit untuk diterbitkan. Tidak perlu terburu-buru memilih antara penerbit indie dan mayor tetapi buat pertimbangan yang lebih matang sebelum menentukan pilihan.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.