1. Dampak positif

Pertama,”penyedia informasi yang cepat dan akurat. Beragam informasi bisa diperoleh dengan mudah dan cepat, baik itu informasi layanan publik, gangguan keamanan, kemacetan, kecelakaan dan sebagainya. Dengan adanya media sosial, bahkan peristiwa yang baru saja terjadi beberapa menit lalu dapat disiarkan setelahnya. Tidak perlu menunggu hingga berbulan-bulan lamanya.

Kedua,”ladang berpesan positif.“Para pengusaha, politikus, tokoh agama, ulama, motivator, mahasiswa, pelajar dan lainnya memanfaatkan sarana ini untuk mempublish“berbagai kepentingan mereka. Dari sana, banyak hal-hal positif yang bisa dipetik, tinggal pintar-pintarnya kita memilah informasi sesuai kebenaran dan nurani.

Ketiga,”mengakrabkan hubungan yang jauh.”Mau ketemu teman lama gagal terus, mau silaturahim ke saudara jauh gagal terus. Kok bisa” Penyebabnya satu, sibuk. Bersyukurlah kalian yang hidup di zaman ini. “Ada media sosial yang mendekatkan dan merekatkan hubungan yang terancam renggang. Kangen tinggal chat, mau ngobrol bisa video call.

Keempat, penambah wawasan dan pengetahuan.”Sesuatu hal yang tidak diketahui dan anda butuh jawaban secepatnya, tidak harus bertanya kesana kemari, cukup”browsing“di google dan ketik pertanyaan anda maka dalam sekejab muncul jawabannya.

  1. Dampak negatif

Pertama,”rawan anti sosial. Terbiasa cengengesan di chat, belum menjamin baiknya seseorang dalam bersosialisasi di kehidupan nyata. Pengguna media sosial cenderung susah bersosialisasi secara langsung serta menjadi tidak peduli dengan keadaan sekitar. Hal ini disebabkan karena pengguna media sosial menjadi malas belajar berkomunikasi secara” nyata, hanya berbagi dan berinteraksi di dunia maya.

Kedua,”rawan cyber crime. Acap kali kemudahan yang ditawarkan internet disalah gunakan oleh penggunannya. Sederet kasus cyber crime seperti hacking dan penipuan yang dilakukan di”online shop“yang tidak benar-benar menjual suatu produk.

Ketiga,”media propaganda dalam suatu konflik antar pihak yang sedang bertikai. Dalam propaganda yang dilakukan melalui media sosial yang ada, dapat mengeksploitasi kelemahan-kelemahan dan menyebarkan isu-isu negatif kedua belah pihak yang berseteru.

Keempat,”krisis identitas dan karakter. Di balik kemudahan yang ditawarkan media sosial, sedikit banyak mempengaruhi perubahan tatanan kehidupan masyarakat. Dengan cara apa” dengan cara mempengaruhi pola pikir dan perilaku masyarakat dalam menerima serta menganalisis informasi yang sifatnya menghasut sehingga menimbulkan keresahan.

Seperti pisau bermata satu, media sosial menjanjikan banyaknya manfaat dan bahaya tetapi kembali lagi kepada orang yang menggunakannya. Gunakan media sosial sebijak mungkin serta jangan lupa berinteraksi dengan lingkungan nyata.

http://rubik.okezone.com/read/43202/pengaruh-media-sosial-dalam-kehidupan

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.