Salah satu bagian yang melengkapi sebuah buku adalah ISBN perpusnas yang mungkin masih belum banyak diketahui orang mengenai fungsinya. Dengan memahami pengertiannya maka akan lebih mudah bagi Anda untuk memahami pentingnya mendaftarkan ISBN untuk karya buku yang dihasilkan. Biasanya pihak penerbit yang profesional akan memberikan fasilitas untuk membantu Anda mendaftarkan ISBN.

Jika Anda bekerja sama dengan pihak penerbit yang profesional dan berpengalaman urusan ISBN ini tentu menjadi hal yang mudah untuk diselesaikan. Sehingga adanya ISBN ini juga akan menarik semakin banyak penulis yang menghasilkan karyanya melalui kerja sama dengan penerbit profesional.

Apa Sih ISBN Itu?

ISBN sendiri adalah singkatan dari International Standard Book Number yang terdiri dari 10 digit angka. Penggunaan ISBN perpusnas ini berfungsi untuk identifikasi mengenai satu judul buku yang diterbitkan oleh penerbit tertentu. Biasanya deretan angka ISBN ini akan dicantumkan pada bagian buku sebagia tanda bahwa judul tersebut sudah didaftarkan ke perpustakaan nasional secara resmi.

Pada dasarnya ISBN ini terdiri dari empat bagian yaitu pengenalan kelompok, pengenal penerbit, pengenal judul, dan empat angka pemeriksaan. Kemudian deretan angka tersebut juga akan dilengkapi dengan LAN barcode untuk produk terbitan yang digabungkan dengan angka pemeriksaan. Sehingga akan memudahkan untuk mengetahui keaslian dari ISBN yang dicantumkan di sana.

Memahami Fungsi ISBN Perpusnas

Adanya ISBN perpusnas ini digunakan untuk memberikan identitas pada satu judul buku yang diterbitkan. Selain itu juga membantu melancarkan arus distribusi buku karena adanya ISBN ini juga akan meminimalisasi adanya kesalahan dalam pemesanan buku. Tentunya hal ini juga sangat bermanfaat bagi pihak distributor dalam proses pemasaran buku Anda nantinya.

Selain itu, ISBN yang sudah didaftarkan secara resmi bisa menjadi sarana promosi untuk penerbit karena berbagai infomasi pencantuman ISBN akan disebatkan oleh Badan Nasional ISBN. Sehingga banyak orang juga yang akan melihat nama penerbit Anda dalam menghasilkan atau menerbitkan berbagai karya buku yang berkualitas.

Setelah mendapatkan ISBN maka angka tersebut biasanya akan dicantumkan pada sampul belakang di bagian bawah, dibalik halaman judul atau halaman copyright, dan punggung buku jika memang bukunya tebal. Jadi Anda bisa cek adanya ISBN perpusnas dan mendapatkan berbagai manfaat dari penggunaan nomor standar ini.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.