Ketika Anda sudah mulai menulis baik cerpen, artikel, atau bahkan sebuah karya buku maka hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah cara menulis produktif. Terus mengembangkan kemampuan dalam menulis adalah hal yang sangat penting untuk Anda lakukan. Adanya karya yang konsisten dari Anda tentu akan memberikan dampak yang semakin luas untuk bisa didapatkan oleh para pembaca nantinya.

Untuk bisa terus menghasilkan karya secara konsisten maka Anda perlu mengetahui langkah yang tepat agar terus produktif. Menemukan kesenangan saat sedang menulis tentu menjadi salah satu langkah yang akan membantu Anda untuk bisa produktif berkarya dalam dunia menulis. Sehingga nantinya Anda melihat sendiri hasil dari usaha yang sudah dilakukan ini.

Manfaatkan Hal yang Anda Sukai

Anda bisa memulai dengan menulis hal-hal yang memang Anda sukai sesuai bidang masing-masing. Dengan begitu Anda akan melakukan proses menulis ini dengan bahagia dan tanpa beban. Meskipun membutuhkan riset untuk menulis tetapi Anda akan melakukannya dengan senang hati karena topik yang dituliskan adalah hal yang memang disukai. Kecenderungan dalam mengaplikasikan cara menulis produktif ini memang cukup mudah karena hal yang disukai selain lebih dikuasai juga menimbulkan rasa penasaran untuk riset lebih lanjut. 

Berpikir Bahwa Tulisan Adalah Karya Abadi

Ketika Anda menulis sebuah karya yang mampu memberikan manfaat untuk banyak orang maka Anda sedang menyisihkan atau mewakafkan waktu untuk menyebarkan ilmu dan manfaat dalam jangka waktu yang panjang. Sehingga dengan menanamkan pada pikiran bahwa waktu yang Anda luangkan untuk menulis nantinya akan meninggalkan warisan ilmu yang bermanfaat sebagai karya abadi yang dapat bermanfaat untuk begitu banyak orang pembacanya nanti.

Meminta Feedback

Meminta feedback atau tanggapan dari orang lain terkait tulisan yang Anda buat menjadi salah satu dari proses menulis karya yang berkualitas. Sehingga Anda bisa melihat juga seberapa jauh karya atua tulisan Anda mampu memberikan impact kepada para pembaca nantinya. Hal ini penting untuk dilakukan karena dengan adanya feedback dari orang lain maka mereka bisa membantu Anda dalam memberikan masukan yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas dari tulisan Anda.

Menantang Diri Sendiri

Jika Anda masih belum memiliki topik baru untuk dijadikan sebuah buku, agar tetap produktif Anda bisa menantang diri sendiri dengan menulis 45 hari. Salah satu cara menulis produktif ini dilakukan dengan cara menulis satu artikel setiap harinya di blog Anda. Dengan begitu kemampuan menulis Anda akan semakin meningkat dan membuat diri Anda terbiasa untuk konsisten menulis secara produktif setiap waktunya.

Meningkatkan Kredibilitas

Untuk bisa meningkatkan kredibilitas Anda dalam menulis bisa dibangun dengan kejujuran saat menulis. Anda perlu memastikan bahwa setiap hal yang dituliskan dalam karya Anda harus bersasarkan informasi yang dapat dipertanggungjawabnya faktanya. Sehingga setiap orang yang membaca tulisan tersebut akan mendapatkan manfaat secara optimal.

Anda bisa mencoba untuk mendorong dan menemukan motivasi yang tepat untuk bisa menjadi lebih produktif saat menulis. Mungkin setiap orang juga bisa menemukan caranya sendiri unuk bisa tetap produktif. Mengingat berbagai manfaat dari menghasilkan karya sebuah tulisan atau bahkan buku adalah salah satu cara menulis produktif yang paling mudah untuk Anda aplikasikan ketika akan menulis.

Bagikan Ke:

1 comment

  1. […] orang tua terkadang Anda merasa ingin mengembangkan kemampuan anak secara lebih maksimal. Setelah membangun kebiasaan menulis dan melihat adanya hasil yang bagus kemudian Anda terlalu memaksakan mereka untuk mengikuti berbagai […]

Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.