Banyak orang yang ingin menjadi seorang penulis tetapi bingung mengaplikasikan cara menulis dengan baik. Terkadang meskipun seseorang sudah mengetahui basic menulis untuk karya yang akan dihasilkannya tetapi masih belum bisa mulai menulis. Berbagai hambatan yang dialami sering kali membuat beberapa orang kemudian berhenti untuk menulis dan menghasilkan karya.

Menulis memang menjadi kegiatan yang belum tentu disukai oleh kebanyakan orang, tetapi ketika Anda sudah mencobanya maka akan jatuh cinta dengan kegiatan menguntungkan yang satu ini. Mulailah untuk menulis dan jadikan setiap hambatan sebagai tantangan untuk ditaklukkan dengan begitu Anda akan mampu untuk menghasilkan karya yang berkualitas.

Mulai Menulis Sesuatu yang Dekat

Cobalah untuk menuliskan sesuatu yang Anda lihat dan rasakan karena hal ini akan membantu Anda untuk menemukan inspirasi untuk dituangkan ke dalam sebuah tulisan. Cobalah untuk lebih peka terhadap berbagai hal yang ada di sekitar, begitu pula dengan perasaan Anda sendiri. Maka cara ini akan sangat membantu untuk membuat kalimat-kalimat mengalir untuk Anda tuliskan, bahkan mungkin Anda juga akan kaget dengan munculnya kalimat yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Jujurlah Saat Menulis

Salah satu cara menulis dengan baik adalah jujur terhadap hal yang Anda tuliskan. Jika Anda menulis seuatu yang berkaitan dengan berita atau nonfiksi maka harus jujur dengan kenyataan yang terjadi sebenarnya. Sedangkan untuk karya tulisan fiksi maka Anda juga harus jujur dengan perasaan yang ingin Anda tuangkan dalam karya cerita tersebut. Sehingga nantinya ketika dibaca karya ini akan terasa dekat dengan pembaca dan mampu memberikan pengaruh yang baik untuk mereka sesuai harapan Anda saat menulisnya.

Menggunakan Gaya Sendiri

Setiap penulis memang memiliki gaya atau ciri khasnya masing-masing, hal ini yang harus Anda perhatikan dengan baik ketika mengaplikasikan cara menulis dengan baik. Meskipun Anda memiliki tokoh khusus yang dijadikan sebagai idola dalam dunia menulis tetapi tidak perlu berusaha menjadi orang lain ketika sedang menulis. Anda harus menjadi diri sendiri dan bisa jadi hal tersebut justru akan menjadi keunikan dalam karya tulisan yang Anda buat.

Mengoptimalkan Penggunaan Kalimat Efektif

Sebaiknya Anda juga harus bisa menilai hasil karya tulisan Anda sendiri. Dalam mengaplikasikan cara menulis dengan baik salah satu poin penting yang harus diperhatikan adalah menghindari penggunaan kata-kata yang tidak perlu sehingga membuat pembaca merasa bosan. Jadi setelah menulis Anda perlu membaca kembali tulisan yang sudah dibuat dan menilai apakah ada bagian yang memang sebaiknya dihilangkan atau bisa dikembangkan menjadi sesuatu yang lebih menarik.

Jangan Goyah Karena Tantangan

Untuk bisa menyelesaikan sebuah karya memang akan selalu ada tantangan yang harus Anda lalui. Jangan dulu menyerah ketika satu per satu tantangan mulai datang. Tidak perlu terlalu terpatok dengan cara menulis dengan baik yang mungkin diaplikasikan orang lain, tetapi Anda juga harus fokus untuk menghadapi tantangan tersebut. Apalagi jika tantangannya berasal dari diri sendiri seperti mood yang kurang baik, rasa malas, atau merasa sedang kesulitan menemukan ide saat menulis.

Menghadapi setiap tantangan saat menulis memang akan selalu dihadapi oleh setiap penulis dan cara untuk mengatasinya tentu berbeda-beda. Anda juga bisa menemukan cara tersendiri untuk mengatasi tantangan yang ada. Memperhatikan cara menulis dengan baik memang sangat penting tetapi hal yang lebih penting adalah terus menulis.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.