Marhaban ya Ramadan.

Bulan suci Ramadan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim di dunia. Betapa tidak, bulan ini adalah bulan di mana amalan baik kita dilipatgandakan pahalanya. Dengan demikian, pada bulan Ramadan ini juga sering kali dijadikan sebagai momen untuk lebih mendekatkan diri beribadah pada Sang Ilahi. Biasanya, orang akan berbondong-bondong pergi ke masjid untuk melakukan ibadah, seperti mengaji, salat berjemaah, maupun iktikaf. Serasa tidak ingin melewatkan kesempatan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat, semua orang muslim begitu antusias untuk pergi ke masjid. Akan tetapi, kini keadaan sudah berbeda.

Seperti tahun sebelumnya, bulan Ramadan tahun 2021 ini juga dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Dalam situasi yang penuh dengan kewaspadaan ini, kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam melaksanakan semua ibadah. Pada saat-saat sebelumnya, pemerintah telah memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk mencegah penularan virus Covid-19 sehingga beberapa kegiatan sehari-hari harus dilakukan di rumah, seperti bekerja, belajar, dan juga beribadah. Akan tetapi, di tahun ini pembatasan dan kondisi tidak sedarurat tahun kemarin.

Ramadan 2021 jatuh pada tanggal 13 April. Merupakan suatu kewajiban bagi umat muslim untuk menunaikan ibadah berpuasa, meski dalam keadaan yang harus memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Selain memperhatikan protokol kesehatan, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan demi menjaga kesehatan dan terhindar dari virus dan wabah penyakit.

1. Perhatikan kebersihan makanan

Sebelum memasuki bulan puasa, alangkah lebih baik jika kita menyiapkan list makanan yang akan kita konsumsi untuk sahur dan berbuka selama bulan puasa. Dengan mempersiapkan list makanan, kita juga bisa meminimalisir untuk pergi makan di luar rumah karena kita pasti meragukan kebersihan tempat lain. Akan tetapi, kini pemerintah sudah memperbolehkan masyarakat untuk makan di luar (restoran atau warung makan), dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Kita pun juga bisa membawa peralatan makan sendiri yang kebersihannya sudah kita jamin.

2. Pola makan yang sehat

Dalam situasi pandemi ini kita dianjurkan untuk menjaga kesehatan lebih ekstra lagi. Hal ini agar tubuh kita tidak mudah terjangkit oleh virus maupun wabah penyakit lainnya. Selain itu juga kita dapat menjaga imun tubuh kita agar tetap sehat dan bugar dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Banyak penyakit yang berasal akibat dari apa yang kita konsumsi. Dengan demikian, makanan sehat dan bergizi serta memperbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka dapat membantu menjaga  kesehatan kita.

3. Mengatur pola tidur

Meski kegiatan yang kita jalani padat, tetapi kita tetap harus memperhatikan kesehatan tubuh kita. Setelah lelah menjalani aktivitas sehari-hari, tubuh pasti memerlukan istirahat. Rutinitas tidur yang berbeda saat puasa, yaitu bangun di waktu dini hari atau lebih pagi untuk menunaikan sahur membuat tubuh yang tidak terbiasa merasa kelelahan. Oleh karena itu, penting sekali mengatur pola tidur saat bulan Ramadan ini. Hindari begadang untuk hal-hal yang tidak penting.

4. Lakukan kegiatan yang membuat tetap produktif

Puasa bukan alasan untuk kita bisa bermalas-malasan. Untuk menjaga tubuh tetap vit dan bugas selama puasa, lakukan olahraga yang ringan sehingga tidak membuat tubuh merasa kelelahan. Dengan melakukan olahraga tubuh akan tetap vit dan bersemangat sehingga kita bisa tetap produktif dalam beraktivitas dengan manajemen waktu yang baik. Saat Anda menulis misalnya, Anda juga perlu untuk menyiapkan waktu khusus untuk menulis.

5. Melakukan kegiatan di rumah

Pandemi membuat kita merasa was-was akan terpapar virus. Hal ini membuat kita menjadi tidak ingin ke mana-mana, termasuk dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Saat ini semua kegiatan dapat dilakukan di rumah, seperti bekerja, belajar, dan beribadah. Kita pun juga bisa menciptakan hiburan saat merasa suntuk jika harus di rumah saja.

Meski pandemi masih menjadi momok, hal itu tidak bisa menghalangi kita untuk tetap bisa beribadah dan beraktivitas di bulan Ramadan ini. Oleh karena itu, mari menyambut bulan suci ini dengan suka cita dan persiapan yang tetap memperhatikan kesehatan.

Selamat menunaikan ibadah puasa 1442 H untuk semua umat muslim di dunia. Semoga keberkahan, ampunan, dan kebaikan selalu menyertai kita semua.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.