Puasa bukan menjadi alasan kita meninggalkan tanggung jawab kita menjalani kegiatan sehari-hari, termasuk bekerja. Meski harus menahan lapar dan haus, tanggung jawab dalam bekerja tetaplah harus dilaksanakan. Berpuasa sembari bekerja memang bukanlah hal yang mudah. Menahan rasa lemas, lapar, dan haus akan menjadi tantangan tersendiri karena Anda tetap harus produktif dalam bekerja.

Oleh karena itu, kita perlu tahu apa saja yang bisa dilakukan agar produktivitas dalam bekerja bisa kita jaga dan optimalkan. Kuncinya adalah bekerja dengan lebih cermat dan memanfaatkan aktivitas ringan dengan memperhatikan energi yang dimiliki, bukan dengan memaksakan diri untuk bekerja sekeras di hari-hari biasanya.

Berikut beberapa hal yang bisa kita perhatikan agar Anda tetap produktif dalam menjalani aktivitas di tengah puasa Ramadan.

  1. Tidak melewatkan sahur dan berbuka puasa

Sahur dan berbuka puasa adalah salah satu sumber tenaga kita saat seharian berpuasa. Oleh karena itu, untuk menjaga tubuh agar tetap bertenaga dan memiliki kekuatan untuk menjalani aktivitas sehari-hari maka jangan lewatkan makan dan terlambat berbuka. Akan tetapi, perlu diingat juga kalau saat makan sahur dan berbuka janganlah berlebihan. Makanlah dalam porsi sedang karena makan berlebihan akan membuat kantuk sehingga akan muncul rasa malas untuk beraktivitas. Selain itu, perhatikan juga menu yang dimakan. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tentu hal ini juga akan membawa pengaruh dalam aktivitas kita. Bila perlu, konsumsi vitamin agar stamina tubuh tetap terjaga.

  1. Buat rencana kegiatan

Meski dalam keadaan berpuasa, tetapi kita harus memastikan semua aktivitas yang kita lakukan berjalan dengan baik dan lancar. Dalam hal ini, kita bisa membuat daftar rencana kegiatan yang akan kita lakukan dalam sehari. Catatlah kira-kira pekerjaan mana saja yang harus diselesaikan di hari itu juga. Pertimbangkan juga mana yang lebih prioritas untuk bisa dikerjakan lebih dahulu. Lakukan aktivitas sesuai dengan yang ada dalam daftar rencana dengan juga mengatur waktu agar lebih produktif. Jangan lupa untuk menyelipkan kegiatan yang bisa meningkatkan pahala kita di bulan suci Ramadan ini, seperti membaca Al-Qur’an.

  1. Memanfaatkan waktu istirahat di kantor

Biasanya, saat tidak dalam berpuasa, waktu istirahat kita gunakan untuk makan. Akan tetapi, saat puasa seperti ini kita bisa mengganti waktu makan tersebut dengan istirahat atau tidur siang (power nap). Hal ini karena biasanya saat siang, energi dan tenaga kita sudah semakin berkurang. Oleh karena itu, gunakan waktu sekitar 20—30 menit untuk tidur. Memang dalam kurun waktu tersebut ada beberapa orang yang tidak bisa langsung tertidur. Akan tetapi, Anda bisa cukup dengan memejamkan mata dan mengistirahatkan tubuh dari aktivitas kerja Anda. Ini juga bisa membuat Anda siap produktif kembali.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar bisa tetap produktif dalam bekerja di saat puasa. Sekali lagi, puasa jangan dijadikan alasan untuk tidak bisa produktif seperti hari biasanya. Dengan tetap melakukan aktivitas maka ini juga bisa menjadi ladang amal dan pahala untuk kita semua.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.