Sumber: grid.id.com

Sudah menjadi perbincangan hangat sejak 2016 ketika The World’s Most Literate Nations (WMLN) merilis daftar panjang negara-negara dengan peringkat literasi di dunia. Penelitian ini dilakukan oleh Jhon W. Miller, Presiden Central Connecticut State University, New Britain. Hasil dari penelitian ini menempatkan Finlandia menjadi nomor satu sebagai negara yang memiliki literasi tertinggi.

Wah, kira-kira apa ya alasannya sampai diberikan predikat itu?

Sistem Pendidikan Unggul, Literasi Spektakuler

Finlandia, sebuah negara yang memiliki sistem pendidikan yang luar biasa hebat. Sistem pendidikan Finlandia memiliki keyakinan bahwa kemampuan setiap murid tidaklah sama. Finlandia juga tidak memotivasi siswanya siapa yang paling pandai di sekolah.

Berbekal hal ini, artinya, Finlandia percaya bahwa setiap anak terlahir dengan memiliki kemampuan masing-masing dan perlu diasah. Nah, mengasahnya dengan meningkatkan literasi. Dengan begitu anak akan mengetahui banyak ilmu dan tentunya akan terlihat minat dan bakatnya.

Pemerintah Mendukung Pendidikan Anak Sejak Dini

Bagi pemerintah Finlandia, untuk menciptakan kebiasaan harus dimulai sejak dini. Maka dari itu, pemerintah Finlandia memberikan bingkisan paket berupa pakaian bayi, mainan, dan buku bacaan kepada setiap keluarga yang baru memiliki bayi. Karena pada dasarnya, pendidikan awal anak terletak pada keluarga.

Pembangunan Perpustakaan

Di Finlandia, kamu akan mendapati perpustakaan di mana-mana, bahkan di mal. Di sana perpustakaan juga dibangun menyatu dengan mal. Keren, kan?

Negara tersebut juga memfasilitasi perpustakaan keliling untuk daerah-daerah yang sulit dijangkau. Stok buku bacaan pun melimpah ruah, apalagi stok bacaan untuk anak-anak. Sangat banyak.

Wajib Membaca Buku Setiap Minggu

Anak-anak di Finlandia baru bersekolah ketika menginjak usia 7 tahun. Nah, ketika bersekolah inilah anak-anak dibiasakan dengan wajib belajar bahasa Inggris dan membaca satu buku di setiap minggunya. Hal ini sangat memengaruhi kultur masyarakat untuk meningkatkan budaya membaca.

Tradisi Dongeng Sebelum Tidur

Masyarakat Finlandia memiliki tradisi bercerita dari masa ke masa. Tradisi bercerita ini dipupuk melalui dongeng yang dibacakan oleh orang tua sebelum anaknya tertidur. Selain dapat membentuk karakter anak, hal ini juga dapat membuat orang tua semakin aktif untuk meningkatkan minat baca anak-anaknya.

Tidak Ada Alih Suara pada Program TV

Program TV yang berbahasa asing di Finlandia ditayangkan dengan teks terjemahan. Melalui upaya seperti inilah, kebiasaan membaca anak ditingkatkan. Mereka yang ingin menonton tayangan favoritnya harus bisa membaca teks terjemahannya dengan cepat.

 

Gimana? Sudah tahu kan kalian kenapa Finlandia menjadi negara nomor satu yang memiliki tingkat literasi tertinggi. Yuk kita contoh semangat negara Finlandia untuk meningkatkan literasi. Salah satunya dengan menjadi penulis atau bergabung di perusahaan jasa menulis buku.

Melalui profesi tersebut kita dapat membantu menyebarkan ilmu menjadi lebih luas lagi. Tidak hanya itu, kita juga bisa meningkatkan literasi dengan mengikuti berbagai komunitas menulis, seperti Ghostwriter Malang, Klub Baca, dan lain-lain.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.