Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah don’t judge the book by its cover tetapi pada kenyataannya di lapangan cover buku keren juga memberikan pengaruh besar dalam menarik perhatian pembeli. Maka memperhatikan pembuatan cover yang terbaik juga menjadi bagian dari menerbitkan buku yang berkualitas.

Jangan mengabaikan masalah cover buku ini karena pertimbangan dan persiapan matang tentunya harus diperhatikan dengan baik. Ada beberapa trik yang bisa Anda aplikasikan untuk membuat cover buku berkualitas. Meskipun Anda adalah seorang penulis tentunya pengetahuan ini juga sangat penting untuk diketahui dengan baik.

Pemahaman Isi Buku

Tentunya untuk bisa membuat desain cover buku keren Anda harus bisa menyesuaikan dengan isi buku secara keseluruhan. Dengan begitu nantinya akan lebih mudah untuk memilih gambar atau ilustrasi yang akan disatukan dalam cover tersebut. Komposisi gambar juga perlu untuk diperhatikan begitu juga dengan pemilihan warna, sehingga dengan begitu akan menghasilkan tampilan cover yang presisi dan menarik.

Membuat Konsep Cover

Anda bisa membuat konsep dasar dari keseluruhan bagian cover yang akan dibuat. Anda bisa membuat list khusus untuk membantu memudahkan dalam proses desain. Anda juga akan mendapatkan gambaran kasar mengenai cover seperti apa yang ingin dibuat nantinya. Dengan begitu proses pembuatannya juga akan jauh lebih cepat dan menguntungkan.

Cari Elemen yang Ditekankan Dalam Cover

Untuk membuat cover buku keren maka harus ada bagian elemen yang ditonjolkan atau ditekankan dalam desain tersebut. Dalam hal ini konsep bisa disesuaikan dengan rencana pemasaran yang telah dibuat sebelumnya. Anda harus bisa menganalisis gaya penulisan, karakter buku, dan poin yang membuat pembaca mau membaca buku tersebut. Termasuk di dalamnya adalah menemukan elemen unik yang bisa ditambahkan dalam cover buku.

Bukan Sekadar Gambar

Dalam sebuah cover buku tidak hanya gambar yang ada di sana tetapi keserasian dengan berbagai tulisan yang ada juga harus diperhatikan. Penulisan judul dan permainan grafis harus dimaksimalkan hingga membuat cover buku bisa terlihat menarik tetapi tidak terkesan berlebihan. Sehingga dengan begitu tampilan cover buku akan lebih proporsional dan mampu menarik perhatian segmen pasar yang sudah menjadi target pembaca buku ini sejak awal.

Memang pada dasarnya tidak ada batasan khusus untuk membuat desain cover buku. Antara penulis dan desainer bebas untuk membuat desainnya semaksimal mungkin. Asalkan koridornya tetap ada pada pedoman isi buku yang akan dibuat cover-nya. Sehingga nantinya Anda akan memiliki cover buku keren sesuai yang diharapkan sebelumnya untuk menarik perhatian calon pembaca secara lebih optimal, sehingga keuntungan yang didapatkan juga akan maksimal.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.