Membuat tulisan nonfiksi ternyata bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik agar dapat menghasilkan tulisan yang terbaik. Jika Anda membuat tulisan yang konsepnya nonfiksi maka harus bisa dengan mudah dibaca oleh orang lain dan dipahami maksudnya.

Tulisan dengan konsep nonfiksi yang dibuat tanpa alur yang jelas tentunya juga akan membingungkan. Akhirnya informasi yang ingin disampaikan juga tidak bisa ditangkap dengan baik oleh pembaca. Jadi sebenarnya dalam menulis buku nonfiksi juga tidak boleh sembarangan untuk dilakukan.

Dukungan Data Akurat

Dikarenakan bukunya adalah nonfiksi maka data yang digunakan juga harus relevan dan akurat. Data referensi tersebut harus bisa dipertanggungjawabkan dengan baik. Akan lebih baik jika data tersebut selain Anda dapatkan dari media yang terpercaya juga merupakan data yang Anda dapatkan langsung dari sumbernya. Sehingga pembaca akan mendapatkan informasi yang tepat dan terpercaya untuk dijadikan sebagai acuan dalam pertimbangannya memahami buku atau tulisan nonfiksi Anda.

Memastikan Kelengkapan Tulisan Nonfiksi

Sebaiknya Anda menyusun buku nonfiksi ini secara lengkap dan rapi. Tidak hanya secara materi tetapi juga sumber gambar atau tabel yang Anda cantumkan di dalamnya. Ditambah dengan catatan kaki jika ada banyak kata asing yang digunakan dalam penulisan naskah nonfiksi tersebut. Sehingga selain informasinya jelas juga bisa dipastikan kebenarannya oleh para pembaca. Tentu saja hal ini juga akan meningkatkan kualitas buku atau tulisan Anda di mata para pembaca.

Melengkapi Unsur Utama 5W+1H

Tulisan yang baik tentunya harus memuat jawaban dari informasi 5W+1H. Tentunya dengan cara ini informasi yang didapatkan oleh pembaca semakin lengkap. Apalagi jika sudah dilengkapi dengan data maka kualitas informasi buku Anda juga akan semakin optimal. Jangan sampai informasi yang Anda berikan hanya setengah-setengah dan tidak dibuktikan dengan data sehingga selain membingungkan juga akan membua tulisan nonfiksi Anda meragukan untuk mengubah pandangan orang terkait tema yang Anda bahas di dalamnya.

Proses Editing

Jangan melupakan proses editing dari tulisan Anda sendiri. Jadi setidaknya kelengkapan naskah, data, dan penulisannya sudah dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Dengan begitu Anda juga bsa mengevaluasi hasil tulisan jika masih ada hal yang mungkin perlu ditambahkan di dalamnya. Hal ini tentunya akan membantu membuat tulisan Anda menjadi lebih baik lagi dengan belajar menilai hasil tulisan yang sudah dibuat sebelumnya.

Dengan melakukan beberapa hal tersebut maka akan lebih mudah bagi Anda untuk membuat buku nonfiksi yang menarik dan penuh dengan informasi berkualitas. Bagi para pembaca tentu saja hal ini sangat menguntungkan karena mereka mendapatkan informasi yang tepat sesuai kebutuhannya pada buku Anda. Sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan juga dengan bermanfaatnya tulisan nonfiksi yang Anda buat.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.