Memutuskan untuk melakukan self publishing bisa menjadi pilihan untuk Anda mendapatkan fasilitas tepat dalam menerbitkan buku maka menentukan harga buku adalah salah satu langkah yang harus Anda perhatikan dengan baik. Penentuan harga ini adalah sesuatu yang sangat penting karena berkaitan dengan penilaian terhadap buku dan keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Dalam menentukan harga untuk buku yang akan dijual tentunya tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ada berbagai pertimbangan yang harus dilakukan agar tidak sampai melakukan kesalahan yang nantinya justru akan merugikan diri sendiri. Maka Anda perlu melakukan perhitungan yang tepat untuk menentukan harga jual yang tepat.

Melakukan Survei Pasar

Jika Anda menentukan harga buku hanya berdasarkan keinginan sendiri maka sudah tentu itu adalah keputusan yang berisiko. Maka survei pasar adalah langkah awal yang harus dilakukan dengan baik. Anda bisa mempertimbangkan harga buku satu dan lainnya yang mungkin sejenis dengan buku yang akan diterbitkan. Sehingga bisa dipertimbangkan harga yang tepat untuk buku Anda berdasarkan standar yang ada di pasaran.

Anda juga bisa mematok harga berdasarkan pertimbangan pasar sasaran pembaca. Jika mereka adalah orang-orang yang berani membayar lebih untuk ilmu dari buku berkualitas milik Anda maka mematok harga mahal bukanlah keputusan yang salah karena ada kemungkinan buku Anda dibeli dengan baik. Maka sangat penting dalam hal ini Anda memahami kondisi sasaran pembaca yang akan menjadi pembeli buku Anda nantinya.

Pentingnya Penentuan Harga Buku yang Tepat

Salah satu pertimbangan yang akan dilakukan oleh para calon pembeli dan pembaca buku Anda ketika Anda membeli tentu saja adalah harga buku. Maka penentuan harga ini menjadi bagian yang penting dalam proses self publishing dan harus diperhitungkan secara hati-hati. Harga dari buku yang Anda jual juga akan mengangkat kualitas dan penilaian pembaca terhadap buku tersebut.

Tentu saja dengan pematokan harga yang mungkin relatif lebih mahal, Anda juga harus bertanggungjawab untuk menjamin pembaca tidak akan kecewa dengan membaca buku tersebut. Ada manfaat lebih yang akan didapatkan dari ide atau gagasan yang Anda tuangkan dalam buku tersebut.

Meskipun memang Anda juga bisa menentukan harga sendiri tetapi juga tidak boleh sampai terlalu berlebihan meskipun mengharapkan keuntungan yang besar dari penjualan buku tersebut. Maka kenyamanan dan kemampuan para pembaca untuk mendapatkan ilmu dari harga buku yang telah Anda tentukan sebelumnya.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.