Sumber: pexels.com

Membaca buku menjadi salah satu pilihan untuk menghabiskan waktu luang. Biasanya, sebagian besar orang akan memilih membaca buku-buku fiksi dibandingkan buku nonfiksi karena beranggapan akan mengantuk ketika membaca buku nonfiksi. Ini terjadi karena biasanya orang mungkin cenderung lebih suka untuk mengikuti alur cerita dan mengimajinasikan setiap adegan yang disajikan dalam buku fiksi. 

Sementara sensasi tersebut kemungkinan besar tidak akan dirasakan ketika membaca buku nonfiksi. Penuh dengan teori dan fakta, menggunakan bahasa yang lugas, serta terkadang disisipi istilah-istilah ilmiah adalah ciri-ciri kebanyakan buku nonfiksi. Hal inilah yang kemudian menjadi pertimbangan orang ketika hendak menghabiskan waktu dengan membaca buku nonfiksi. Kelemahan-kelemahan itu jugalah yang pada akhirnya menciptakan rasa kantuk ketika membaca buku nonfiksi.

Lantas, apa yang harus kita lakukan agar tidak mengantuk ketika membaca buku nonfiksi? Simak sampai akhir artikel ini!

Sesuaikan Buku Nonfiksi dengan Minat dan Kebutuhanmu

Tips ini bisa kamu lakukan dengan cara mencari topik buku sesuai dengan kebutuhan. Pastikan buku tersebut buku yang sudah kamu incar pembahasannya. Kamu juga bisa mencari buku yang menurutmu bisa membantu untuk memperbaiki dirimu pada masa mendatang. 

Dengan begitu, kamu akan lebih antusias ketika membaca buku nonfiksi tersebut karena kamu merasa “butuh” untuk tetap membaca dan memahaminya sehingga tidak akan gampang ngantuk. Tenang saja, ada banyak buku nonfiksi dengan berbagai jenis topik yang diterbitkan oleh penerbit buku Malang, penerbit buku Jogja, dan penerbit-penerbit di kota lain.

Stop Baca Buku Nonfiksi dengan Tujuan Terlihat Keren!

Sekarang ini sedang marak orang-orang berlomba untuk membaca buku nonfiksi yang sedang ngetren. Dengan tujuan agar terlihat keren, orang-orang seperti ini memaksakan diri membaca buku nonfiksi yang bisa jadi tidak sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. 

Akibatnya, bukan menjadi semakin kaya akan ilmu, tetapi orang-orang seperti ini akan bosan dengan sendirinya dan jadi ngantuk karena berusaha memahami pembahasan dalam buku tersebut. Sebaiknya, stop kebiasaan seperti ini. Membaca buku yang sedang viral memang tidak ada salahnya, tetapi coba sesuaikan dengan kebutuhan, ya!

Kaitkan dengan Kehidupan Nyata

Pandangan bahwa membaca buku nonfiksi tidak akan mengajakmu berimajinasi sepertinya bisa mulai dihapuskan sejak sekarang. Ketika membaca buku nonfiksi, kamu bisa mengalihkan rasa kantukmu dengan membayangkan dan mengaitkan topik buku dengan realitas kehidupanmu. Jangan telan mentah-mentah informasi yang kamu terima dari buku!

Tandai Bagian yang Kamu Rasa Penting 

Menandai hal-hal penting pada isi buku bisa menjadi alternatif agar kamu tidak mengantuk ketika membaca buku nonfiksi. Kamu bisa membubuhkan stabilo, membuat garis bawah dengan spidol atau pulpen, maupun menggunakan sejenis sticky notes berukuran pas dengan teks di buku. Dengan begitu, selain kamu fokus membaca isi buku, kamu juga akan disibukkan dengan menandai bagian-bagian penting isi buku sehingga tidak ada celah untuk mengantuk.

Siapkan Makanan atau Minuman Pendamping

Membaca buku nonfiksi yang biasanya penuh dengan teori dan membuat kita mengernyitkan dahi merupakan salah satu penyebab rasa kantuk melanda. Pada saat-saat seperti itu, kita bisa mengambil waktu sejenak untuk memakan camilan favorit dan menyeduh kopi atau teh hangat agar fokus kita kembali. Namun ingat, jangan sampai keasyikan makan dan minum hingga membuatmu lupa melanjutkan bacaanmu, ya! 

Sumber: pexels.com

Itulah lima tips untuk menghilangkan kantuk yang melandamu ketika membaca buku-buku nonfiksi. 

Dari lima tips di atas, tips mana saja nih yang sudah kamu coba? Kalau masih belum semua tips atau bahkan belum sama sekali, kamu bisa mulai mencobanya dari sekarang, ya! Selamat membaca buku nonfiksi terbitan penerbit buku mana pun tanpa digelayuti rasa kantuk!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.