Siapakah Orang yang Disebut Editor Itu”

Dulu ada ungkapan bahwa editor adalah jenderal berbintang lima bagi setiap buku yang diterbitkannya. Dan sepertinya ungkapan tersebut masih tetap berlaku sampai sekarang.

Sebutan-sebutan editor seperti associate editor, asquiring editor, editor, senior editor, executive editor, editor in chief, associate publisher dan publisher. Sebutan itu bisa berarti sesuatu yang berbeda. Hal tersebut tergantung dari perusahaan penerbit itu sendiri. Diantara para editor memang ada pembagian tugas.

Sebagai editor, tugas utamanya adalah mencari, memperbaiki dan menerbitkan naskah. tugas pertama editor adalah mempertimbangkan nilai komersil dan nilai sastra dari sebuah naskah. Editor lah yang memutuskan apakah naskah penulis layak untuk diterbitkan dan apakah penulis berbakat pantas untuk dikembangkan. Editor bertugas mendukung dan mengkritik naskah untuk menjadi lebih baik dan layak.

Terkadang editor menerima naskah yang sangat sempurna. Dan dalam kasus seperti ini maka yang dilakukan editor hanya mendantangani naskah agar segera masuk ke proses produksi.

Sebagai editor bisa dikatakan baik apabila dalam suatu kurun waktu tertentu ia berhasil memperoleh sejumlah naskah. Dan ketika naskah tersebut terbit, bukunya meraih keberhasilan dan bisa memberikan keuntungan finansial atau penghargaan yang besar kepada pengarang maupun kepada penerbit.

Salam Literasi

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.