Tantangan Era Digital Bagi Penulis dan Penerbit Buku
Pada era perkembangan teknologi informasi saat ini, ketika akses internet sudah sedemikian luasnya telah memungkinkan semua orang bisa mencari informasi dalam hal apa pun. Era ini tentu membawa perubahan pula dalam dunia penulisan dan penerbitan buku di Indonesia serta pergerakan pola pembacanya. Dengan perubahan yang sedang berjalan tersebut, bagaimanakah tantangan dan peluang ke depannya”
1. Esensi Sebuah Buku adalah Informasi untuk Pembaca
Esensi sebuah buku pada dasarnya adalah informasi. Posisi buku dalam bentuk printed book atau ebook tidak akan mengubah esensinya, melainkan hanya berubah medianya saja. Bahkan dalam konteks sekarang ini, ebook justru sudah dimanfaatkan untuk mendokumentasikan buku-buku yang sudah tidak beredar lagi di toko buku karena berbagai pertimbangan.
2. Era Digital Dan Aspek Positif Bagi Dunia Penulisan & Penerbitan
Dalam industri penerbitan buku, konteks era keterbukaan informasi ini sangat memudahkan penerbit untuk menggali berbagai informasi yang diperlukan, menggali potensi untuk menggali berbagai informasi yang diperlukan, menggali potensi penulis-penulis berbakat, menggali kecenderungan kebutuhan pasar pembaca, sekaligus menjadikan media informasi, publikasi, dan promosi yang efektif. Tinggal bagaimana si penerbit tersebut bisa mengoptimalkannya.
Salam Literasi
Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.