Ilustrasi atau gambar pendukung adalah salah satu elemen yang sering kita temukan dalam buku. Keberadaan ilustrasi memiliki peran penting pada sebuah buku, terutama buku-buku yang full dengan teks. Ilustrasi bisa berupa infografis atau karakter.

Ilustrasi infografis biasanya berisi tentang informasi-informasi dalam sebuah buku yang dikemas pada sebuah gambar atau infografis yang lebih menarik. Sementara ilustrasi karakter bisa berupa gambar karakter penulis atau karakter umum yang menggambarkan suatu kondisi dalam teks.

Berikut ini, ada beberapa rekomendasi buku dengan ilustrasi-ilustrasi cantik, lho! Simak, yuk!

Sebatang Kara (2021)

 

Sumber: Dokumen Litera Mediatama

Buku ini mengisahkan tentang perjuangan sosok gadis kecil yang mengalami emotional child abuse sejak masa kanak-kanaknya. Kara, sosok yang harus berjuang melewati liku-liku getirnya kehidupan sejak masih duduk di bangku sekolah dasar. Kisahnya dikemas apik dalam sebuah novel Sebatang Kara karya Lisa L. Mandira. Kisah Kara semakin menarik untuk dibaca karena didukung ilustrasi-ilustrasi indah di dalamnya. Ilustrasi-ilustrasi tersebut menggambarkan secara implisit tokoh Kara dan adegan-adegan yang dilalui. Terbuat dari lukisan asli, dengan warna-warni yang cantik, membuat ilustrasi yang digunakan sangat cocok dengan isi buku yang menceritakan sosok Kara.

Hospital Memoir (2021)


Sumber: Dokumen Litera Mediatama

Mengenal bagaimana prosedur dan seluk-beluk pelayanan rumah sakit berdasarkan brosur atau website resmi rumah sakit mungkin terasa biasa saja. Namun, bagaimana jika kita menelusurinya dari sebuah kisah romansa dokter dan mahasiswi dalam sebuah rumah sakit? Pasti lebih seru, ‘kan? Dalam buku Hospital Memoir inilah kita akan diajak memahami bagaimana seluk-beluk sebuah rumah sakit yang dikemas pada suatu kisah antara Yoan dan Kanca. Ilustrasi bergaya realis yang disuguhkan dalam buku ini dapat semakin membuat pembaca terhanyut dalam kisah-kisahnya. Ilustrasi yang menonjolkan ketajaman gambar ini sangat cocok dengan novel romansa yang kaya akan informasi seputar rumah sakit.

Sang Pembius (2021)

Sumber: Dokumen Litera Mediatama

Membahas pandemi Covid-19 memang tidak akan ada habisnya. Masih teringat di dalam pikiran kita saat bagaimana pandemi ini muncul di negara Indonesia. Banyak nyawa yang tidak bisa diselamatkan, belum lagi berbagai isu tentang pandemi yang semakin memperkeruh keadaan. Sekelumit kisah tentang pandemi bisa kita temui dalam novel Sang Pembius. Aruji sebagai seorang dokter anestesi yang bergelut dengan pembiusan segala macam pasien, termasuk pasien kritis Covid-19. Didukung oleh ilustrasi realis dan semi 3D, membuat kita seakan semakin masuk ke dalam kisah yang dibawakan.

 

Bagaimana? Mana ilustrasi yang lebih kamu suka dari buku-buku di atas?

Buku dengan berbagai jenis ilustrasi tersebut juga bisa kamu temukan di buku terbitan penerbit buku Malang, lho. Selain ketiga buku tersebut, kamu bisa menemukan ilustrasi-ilustrasi dengan gaya lain yang disajikan oleh setiap penerbit buku.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.