Sumber: www.freepik.com

Sudah bukan waktunya lagi menghabiskan waktu senggang dengan hal-hal yang kurang bermanfaat. Coba deh kamu mulai menulis diari. Pada zaman yang serba canggih ini, menulis diari tak terbatas pada sebuah buku. Jika kamu termasuk golongan yang tidak bisa jauh dari HP, kamu bisa loh menulis diari di HP-mu. Namun, jika kamu lebih suka sensasi menulis di atas kertas maka kamu akan lebih cocok menulisnya di buku langsung. Kebanyakan orang menulis buku diari untuk meluapkan keluh kesah, kisah hidup dalam waktu tertentu, atau bahkan membuat journaling. Hal umum yang dirasakan setelah menulis diari adalah memperoleh perasaan lega. Namun, apakah hanya sebatas itu saja?

Yuk, simak penjelasan beberapa manfaat menulis diari berikut ini.

Upgrade kemampuan komunikasi

Salah satu bentuk komunikasi adalah dengan menulis. Menulis diari bisa menjadi referensi melatih komunikasi. Dengan terbiasa menulis, akan terbentuk kebiasaan untuk merangkai kata-kata sehingga lebih memudahkan dalam berkomunikasi. Selain itu, jika kamu tipe orang yang sulit berkomunikasi secara verbal, kamu bisa menuliskan apa-apa saja yang ingin kamu sampaikan. Ingat, buku diari tidak sebatas untuk menuliskan keluh kesah, tetapi juga bisa untuk menulis perencanaan.

Mengontrol stres

Sebagian besar dari kita pasti pernah dilanda masalah yang begitu besar hingga membuat kepala kita berasa akan pecah, bukan? Masalah yang tertimbun dalam pikiran akan membentuk keadaan stres. Stres yang berkepanjangan sudah pasti berbahaya bagi diri. Salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk mengontrol stres agar reda adalah dengan menulis buku diari. Dengan rutin melakukan aktivitas ini akan membuat pikiran lebih rileks dan mengurangi beban pikiran yang ada. Suasana hati akan berangsur membaik dan stres pun perlahan hilang.

Mengenali diri sendiri

Jika kamu merasa hidupmu berjalan monoton setiap waktu dan tidak ada semangat dalam menjalani aktivitas, bisa diartikan bahwa kamu belum sepenuhnya mengenali dirimu. Kamu belum mengetahui hal apa yang benar-benar kamu butuhkan ataupun yang kamu sukai. Mencoba menulis buku diari dapat menjadi alternatif mengenali diri. Menuliskan hal-hal yang disukai, dibutuhkan, direncanakan, dicita-citakan, dan hal-hal yang patut disyukuri. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menikmati hidup dan menentukan pilihan karena kamu sudah mengenali diri sendiri dengan baik.

Membuat tidur lebih nyenyak

Pikiran yang dipenuhi dengan kegelisahan dan kecemasan akan mengganggu proses tidurmu. Keadaan seperti ini perlu kamu tuntaskan terlebih dahulu, salah satunya adalah dengan menulis buku diari. Manfaatkan waktu beberapa menit sebelum tidur untuk mencurahkan segala perasaanmu pada buku diari. Kamu juga bisa memfokuskan tulisanmu pada hal-hal positif yang kamu rasakan, misalnya dengan menuliskan hal-hal baik apa yang telah terjadi pada hari itu dan patut kamu syukuri. Dengan menuliskan hal-hal tersebut akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan membuat tidur lebih berkualitas.

Menjadi sebuah karya

Selain beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan dalam dirimu, buku diari juga bisa menjadi sebuah karya yang dapat dipublikasikan loh. Namun, tentunya dengan beberapa ketentuan yang harus dipatuhi agar kisah dalam buku diarimu dapat dikemas dengan baik dan menarik. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti e-course kepenulisan untuk mengasah kemampuan menulis agar kisah harianmu menjadi lebih menarik lagi.

Sumber: fimela.com

Nah, itu dia beberapa manfaat dari menulis buku diari. Bagaimana? Jadi semakin semangat menulis, ‘kan? Apalagi buku diari dapat disulap menjadi karya tulis pula. Akhir-akhir ini sudah banyak penerbit buku yang menerbitkan buku berdasarkan kisah dari buku diari loh, salah satunya adalah penerbit buku Malang. Kamu bisa coba cek koleksinya pada website penerbit atau pergi langsung ke toko buku terdekat.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.