Tips Agar Tetap Produktif di bulan Ramadhan

Ibadah puasa sering dijadikan alasan bagi sebagian orang untuk bermalas-malasan. Tak jarang puasa juga menjadi kambing hitam atas kurang produktifnya seseorang dalam pekerjaan. Memang tidak mudah menjalankan aktivitas tanpa makan dan minum selama seharian. Tapi, hal itu dapat diatasi dengan beberapa tips berikut ini, seperti dilansir dari Liputan6.com:

  1. Bikin rencana harian

Beberapa orang senang membuat rencana harian karena membuat mereka menjalani hari tersebut dengan mudah. Dengan menuliskan perencanaan, meminimalisasi lupa mengerjakan sesuatu.

  1. Kerjakan hal penting sesudah sahur

Sesudah sahur, tubuh penuh energi. Nah, manfaatkan waktu ini untuk mengerjakan hal-hal penting di hari tersebut. Seperti mengerjakan materi presentasi, tugas kuliah, atau belajar. Ketika hal penting sudah dilakukan, sore hari bakal lebih mudah dijalani.

  1. Punya target tertentu di bulan puasa

Di bulan suci Ramadan kali ini, Anda ingin melakukan apa” Sebagian ada yang ingin setiap hari membaca Al-Quran atau salat tarawih bersama keluarga.”Ketika punya tujuan, membuat Anda semangat menjalaninya.

  1. Istirahat

Bangun”subuh untuk”sahur lalu beraktivitas membuat rasa kantuk datang di siang hari. Manfaatkan waktu tersebut untuk beristirahat dari aktivitas harian. Jika ada waktu, bisa dengan tidur 15 menit.

Tidur siang 15-20 menit terbukti membantu meningkatkan kerja otak. Waktu tidur ini baik untuk meningkatkan kewaspadaan dan keterampilan motorik. Selain itu, energi juga ikut terdongkrak usai tidur sebentar seperti disampaikan dokter mendalami tidur yang juga penulis Take a Nap! Change Your Life, Sara Mednick melansir“Web MD.

  1. Asupan bergizi saat sahur dan buka puasa

Asupan makanan saat sahur dan buka puasa memiliki efek besar pada tubuh. Jika saat sahur makan nasi dan gorengan, jelas saja lesu saat siang hari. Saat sahur konsumsi makanan dengan gizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak sehat, serta buah dan sayur. Makanan tersebut membuat seseorang lebih berenergi seharian. Jangan lupa minum 2-3 gelas air.

Sementara, saat buka puasa jangan kalap ya. Awali dengan minum air putih, lanjutkan dengan kurma atau buah-buahan manis. Lalu, makan seperti biasa. Jika masih lapar, bisa makan usai salat tarawih.

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.