Apa Sih Makna Baju Lebaran Itu”

Lebaran kurang dua minggu lagi. Tentunya di antara kita semua tak asing dengan yang namanya “baju lebaran”. Yep, tradisi turun-menurun yang seperti telah mengakar dalam budaya kita untuk membeli baju baru ketika puasa telah masuk di penghujung bulan. Namun, pernahkah kalian tahu bagaimana asal muasal baju lebaran”

“”””””””””””””” Dilansir dari godiscover.co.id, tradisi memakai baju lebaran telah ada sejak tahun 1596. Melalui buku “Sejarah Nasional Indonesia” yang ditulis oleh Marwati Djoened Poesponegoro dan Nugroho Notosusanto, sebagian besar penduduk kerajaan Banten telah melakukan tradisi menyiapkan baju baru. Namun tentu bukan dengan membeli, melainkan menjahitnya sendiri karena keadaan ekonomi. Petani pun sampai ikut menjadi penjahit dadakan kala itu karena saking banyaknya permintaan.

“”””””””””””””” Pada dasarnya makna dari baju lebaran bukanlah hal yang harus baru, melainkan pakaian terbaik yang kita punya seperti yang dijelaskan dalam sebuah dalil Islam. Pakaian terbaik adalah pakaian yang paling bersih, paling bagus (tidak robek), dan paling wangi. Tidak pernah disebutkan dalam satu dalil pun harus yang baru. Keadaan pakaian tersebut merupakan sebagai cerminan hati dan jiwa kita yang kembali fitrah atau suci, setelah melewati proses peleburan dosa dan peningkatan iman kita dalam ibadah puasa Ramadan. Gak ada salahnya memang kita membeli baju baru untuk lebaran, tapi pastikan juga ya hati dan jiwa kita menjadi lebih baik setelah lebaran tiba.

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.