Oke, bagi yang ingin menjadi penulis yang lebih produktif, berikut adalah beberapa tips manajemen waktu bagi penulis yang bisa sahabat terapkan sehari-hari. Bukanlah waktunya yang kurang, tetapi bagaimana kita memanfatkan waktu kita dengan sebaik-baiknya.

1. Tentukan Target Tulisan
Sewaktu saya menulis buku SimplyProductive, saya menargetkan menyelesaikan 3 halaman per harinya dan ternyata ini sangat efektif. Saat kita menentukan target-target apa yang bisa kita selesaikan terkait tulis menulis, maka itu akan mendorong dan selalu mengingatkan kita bahwa kita sedang membuat sebuah komitmen terhadap diri kita sendiri.

2. Menyediakan Waktu Khusus
Salah satu cara yang bisa digunakan oleh penulis untuk mengatur waktunya agar lebih efisien adalah mencari waktu yang tepat dan khusus untuk menulis. Umumnya setiap penulis memiliki writing time nya sendiri-sendiri. Ada yang selepas shalat subuh, ada juga yang sebelum tidur, atau bahkan ada yang di siang hari.

3. Menulis Secara Berkala
Ingin menulis setiap hari, dua hari sekali, atau sepekan sekali” Itu tidak masalah. Tetapi jika memang ingin benar-benar memanfaatkan waktu untuk menulis, sediakanlah waktu secara berkala agar kita selalu konsisten untuk menghasilkan tulisan baru atau menambah koleksi tulisan yang kita hasilkan.

4. Mencicil Namun Konsisten
Kebanyakan penulis biasanya baru akan bergerak saat sudah mendekati masa-masa akhir pengumpulan alias dateline. Cara lain yang bisa digunakan daripada kita stress mengerjakan di akhir batas waktu, lebih baik kita breakdown beban tulisan kemudian kita cicil secara konsisten..

demikianlah 4 buah tips untuk mengatur waktu biar kita bisa lebih produktif dalam menulis. Semoga bermanfaat buat sahabat semua, terutama memang yang ingin fokus menjadi seorang penulis ya.

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.