Seorang penulis yang akan memulai pekerjaan menulis biasanya tidak langsung duduk dan bekerja. Ada langkah persiapan yang diperlukan menjelang menulis. Persiapan-persiapan ini berguna agar pada saat bekerja nantinya tidak banyak kendala/gangguan dan proses menulis bisa lancar. Inilah beberapa persiapan itu :

1. Berdoalah sebelum bekerja.”
Berdoa membuat penulis akan lebih khusuk bekerja, lebih damai pula hatinya. Keyakinan bahwa menulis/mengarang adalah salah satu bentuk ibadah kepada Tuhan dan wujud dari niat berbagi kepada sesama hendaknya menjadi landasan dalam berkarya.

2. Referensi
Sediakan referensi utama dari berbagai sumber yang dipandang perlu.Misalnya,dari buku, majalah, koran, internet, yang berkaitan dengan tema naskah yang Anda tulis. Letakkan dia di sebelah komputer/laptop Anda.

3. Sediakan kamus.”
Kamus Besar Bahasa Indonesia atau Kamus Inggris-Indonesia atau lainnya yang lengkap hendaknya diletakkan tidak jauh dari jangkauan Anda. Kamus sangat diperlukan karena sewaktu-waktu Anda akan membutuhkan penulisan yang benar untuk kata tertentu dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris, atau bahasa asing lainnya..

4. Sediakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (EYD).
Ini juga penting tatkala penulis hendak memastikan penulisan kata, seperti kata ganti, kata depan, gabungan kata, dan partikel dalam bahasa Indonesia. EYD juga diperlukan dalam memahami penulisan unsur serapan, karena bahasa Indonesia menyerap unsur dari berbagai bahasa lain, baik dari bahasa daerah maupun dari bahasa asing.

5. Sediakan kata-kata mutiara dan/atau ucapan para tokoh terkenal di bidangnya.”
Ini akan membantu memperkuat pesan pada artikel Anda. Jangan segan-segan mengutip satu-dua ucapan sang tokoh yang relevan dan sisipkan pada tulisan Anda. Jangan lupa, cantumkan sumber/nama orang yang menulis/mengucapkannya.

Itulah lima hal yang biasanya saya persiapkan sebelum memulai menulis. Anda mungkin mempunyai cara lain dalam mempersiapkan diri dalam menulis.

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.