Buku menjadi sumber ilmu pengetahuan. Berikut lima jurus cara membuat buku berkualitas.”Cara membuat buku dilakukan”lima”tahap. Kelima”tahap tersebut meliputi prewriting, drafting, penulisan, revisi dan penerbitan. Berikut ulasannya.

  1. Prewriting

Prewriting merupakan tahap mempersiapkan ide yang hendak di tulis. Mempersiapkan ide dan gagasan sebagai rambu-rambu dan menentukan jalur arah pembahasan buku akan ditulis.

  1. Drafting

Drafting merupakan tahap gaya bebas kita menulis. Di tahap ini, kita bebas menulis sebebas-bebasnya. Menulis tanpa beban, menulis yang mengesampingkan beberapa aspek seperti aspek EYD, typo ataupun ketidaksesuaian kalimat. Prinsip dari proses drafting adalah mengutamakan kreativitas penulis.

  1. Revisi

Ketika tahap prewriting dan drafting selesai masuk ketahap revisi. Tahap ini penulis melakukan editing draft pertama. Jika tahap drafting penulis dibebaskan mengabaikan aturan seperti EYD, typo dan struktur kalimat, di tahap revisi memperhatikan EYD, typo dan struktur kalimat. Termasuk memperhatikan diksi yang dipilih.

  1. Editing

Tahap editing dapat dilakukan oleh editor. Kenapa tidak penulis yang melakukannya” Ketika penulis melakukan proses editing kembali, ada titik jenuh dan hasil editannya bersifat subjektif. Sebaliknya, ketika draf 1 dan hasil revisi dari pihak penulis dikoreksi oleh orang lain (editor) subjektifitasnya lebih kecil.

  1. Publishing

Setelah tahap editing selesai, tahap selanjutnya adalah tahap publishing. Cara menerbitkan buku ada beberapa cara, bisa diterbitkan secara mayor, minor ataupun indie. U Penerbitan secara indie dapat dilakukan secara PoD. Berikut”cara membuat buku“secara PoD.

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.