Alasan seseorang dalam menulis dapat memengaruhi hasil tulisannya. Jika seseorang menulis untuk menyenangkan dirinya sendiri, tulisan tersebut mungkin hanya menjadi konsumsi pribadi. Dalam menulis, tentunya ia tidak mempertimbangkan siapa yang akan membaca tulisan tersebut karena ia tidak menulis untuk para pembaca, tetapi untuk dirinya sendiri.

  1. MEMUAT PESAN UNTUK PEMBACA

Setiap penulis yang memunyai arah dalam menulis pasti menetapkan tujuan tertentu ketika membuat tulisannya. Tulisan dapat dibuat dengan tujuan menghibur, memberikan informasi, bahkan mendidik. Ketiganya dapat pula menjadi satu kesatuan dalam sebuah tulisan.

  1. MEMERHATIKAN MEDIA YANG DIPAKAI PEMBACA

Dalam menulis, Anda juga perlu memerhatikan media yang dipakai oleh para pembaca. Tidak semua pembaca menggunakan bentuk maupun jenis media yang sama. Ada yang lebih senang membaca melalui media internet (situs, blog, milis publikasi) atau media cetak (surat kabar, majalah, buletin, dan lainnya)..

  1. STRATEGI PENYAJIAN TULISAN

Setelah mengetahui target pembaca, menetapkan tujuan tulisan, memerhatikan hal-hal agar dapat menulis bagi pembaca, strategi penyajian tulisan juga perlu diperhatikan.Tulisan yang disajikan harus merupakan sesuatu yang menarik pembaca.

  1. MENETAPKAN STANDAR

Meskipun tujuan kita menulis adalah untuk dibaca para pembaca, seorang penulis perlu menetapkan standar tertentu. Apa yang diinginkan pembaca tidak harus selalu dipenuhi oleh penulis. Jangan sampai penulis menyajikan tulisan-tulisan yang semakin merusak pembaca tulisan kita.

Selamat menulis untuk pembaca.

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.