Bagi sebagian orang, membaca buku dianggap sebagai kegiatan yang “gampang-gampang susah”. Banyak yang mengatakan membaca buku adalah kegiatan yang mengasyikkan, tetapi lama-lama membosankan. Ada juga yang terus berusaha membaca meskipun sudah merasa bosan. Untuk mengatasi kebosanan ini, kamu bisa membuat target membaca agar kamu termotivasi membaca terus, lho. Namun, tidak jarang target membaca ini berujung meleset dan tidak tercapai. Nah, di bawah ini ada beberapa tips antigagal untuk kamu yang sedang membuat target membaca.

Tentukan targetmu!

Sebelum berusaha untuk memenuhi target, tentunya kamu harus punya target terlebih dahulu. Buatlah daftar apa saja yang ingin kamu capai ketika membaca. Misalnya, kamu menargetkan untuk membaca setidaknya satu buku pengembangan diri atau buku sastra Indonesia setiap bulannya. Bisa juga dengan mencoba membaca buku berbahasa asing dengan target memahami 100 kosa kata baru per minggunya.

Sumber: liputan6.com

Saatnya beraksi!

Setelah menentukan target, sekarang saatnya kamu merealisasikannya. Mulailah dengan membuat sebuah jurnal membaca yang berisi daftar buku-buku yang akan kamu baca. Selanjutnya, luangkan waktumu dalam sehari untuk membaca. Kamu bisa menjadwalkan satu jam sebelum tidur sebagai waktu khusus untuk membaca. Ketika sedang membaca, jangan lupa membuat catatan untuk hal-hal penting yang kamu dapat dari buku yang kamu baca beserta ulasannya. Tuliskan semuanya di jurnal khusus untuk membaca. Kalau kamu tidak ingin bersusah payah membuat jurnal sendiri, saat ini banyak penerbit buku  yang menerbitkan jurnal-jurnal menarik yang siap kamu isi. Kamu juga bisa mengandalkan aplikasi book tracker, seperti Goodreads dan Booksloth yang membantumu menyusun target bacaan.

Sumber: parkerandme.co.uk

Evaluasi? Penting banget!

Setelah kegiatan membacamu berlangsung selama bebeapa saat, coba lihat kembali catatan di jurnalmu. Lihat apakah targetmu berjalan lancar sesuai harapanmu, atau ternyata malah banyak yang meleset. Hasil evaluasi ini bisa menjadi bahan perbaikan untuk kegiatan membacamu ke depannya. Kamu bisa melakukan evaluasi ini setiap bulan, dua bulan, atau enam bulan. Lakukan senyaman kamu.

Sumber: reedsy.com

Ikut acara reading challenge

Mengikuti kegiatan reading challenge atau tantangan membaca bisa jadi alternatif untuk “memaksa” kamu menyelesaikan target bacaanmu. Ada banyak tantangan membaca yang bisa kamu temukan di media sosial. Kamu juga bisa mencoba beberapa tantangan dari pelatihan membaca sekaligus menulis, seperti Book Writing Camp yang akan membuat kamu termotivasi mengejar target. Kalau kamu tertarik, tidak ada salahnya mencoba tantangan ini. 

Sumber: kansas.com

Nah, itu dia beberapa tips jitu antimeleset untuk kamu yang sedang berusaha menumbuhkan motivasi membaca. Satu hal terpenting yang harus kamu ingat ketika melakukan tips di atas adalah jangan dijadikan beban! Lakukan semuanya dengan santai dan senang hati agar tidak menimbulkan perasaan terbebani memenuhi target. Sekarang, tidak ada lagi alasan untuk “kabur” dari rutinitas membacamu, ya! Bagaimana, sudah siap untuk mencapai target membacamu, kan?

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.