Motivasi yang baik memerlukan tindakan nyata dan ini dialami oleh orang yang memiliki intensitas motivasi yang tinggi. “Namun tidak demikian bagi yang memiliki motivasi yang kurang memadai.

Untuk”mendongkrak motivasi menulis“”mungkin perlu diambil sikap dan tindakan berikut ini:

1. Wujudkan segera

Kita sudah memiliki modal motivasi dari dalam diri, maupun dari orang lain. Nah, apa yang”terasa ingin ditulis, segera tulis. Wujudkan segera apa yang telah terpendam dalam pikiran dan hati ke dalam bentuk bahasa tulis.

2. Menulis, bukan berpikir

Menulis itu memang termasuk kegiatan berpikir. Namun terlalu banyak berpikir ketimnag menulis beresiko akrtivitas menulis akan”mandeg. Segera menulis sambil berpikir, artinya memindahkan langsung apa gagasan atau ide yang ada dalam pikiran.

3.”Jangan pikirkan pendapat orang

Agar dapat menulis dengan pikiran leluasa, apa yang menjadi bahasan tak perlu memikirkan pendapat orang lain atau apa kata orang lain. Memang, kondisi ini sering menurunkan motivasi seseorang untuk menulis. Khawatir tulisan tidak berbobot, tidak bermutu, dan takut dikritik orang lain.

4. Yang penting siapkan

Kita sudah berkeinginan untuk menulis. Dan apa yang hendak ditulis sudah banyak bersarang di kepala. Pasang tekad dalam hati, yang penting semua ide tercurahkan dan siap menjadi sekian alinia atau paragraf tulisan.

5. Salurkan ke media tulis

Jika sudah dirasa bagus (paling tidak menurut diri sendiri) coba cari media apa yang mungkin untuk mempublikasikan hasil tulisan tersebut. Mau dipublikasikan”tulisan”media cetak“atau internet.

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.