Dalam proses menulis novel tentunya ada banyak hal yang harus Anda perhatikan agar dapat menghasilkan novel yang menarik perhatian. Dengan perencanaan naskah yang matang maka novel yang Anda tulis dapat mencapai titik kesuksesan yang diharapkan. Setidaknya cerita dalam novel tersebut bisa diterima dan dinikmati oleh pembaca nantinya.

Ada rahasia yang banyak disampaikan oleh penulis-penulis novel terkenal untuk bisa menghasilkan naskah menarik. Maka Anda juga harus mempelajarinya dengan baik jika tertarik dengan dunia novel. Jangan sampai Anda melakukan proses penulisan ini secara sembarangan karena tentunya akan memengaruhi kualitas novel yang Anda tulis nantinya.

Memilih Genre Novel Anda

Anda harus menentukan terlebih dahulu genre yang akan digunakan pada naskah novel Anda. Dengan begitu akan lebih mudah untuk membuat pengembangan naskah selanjutnya. Andabisa memilih genre misteri, petualangan, romatis, komedi, atau bahkan fiksi sains bergantung pada ketertarikan Anda masing-masing. Sehingga nantinya jika sudah dipilih sesuai keinginan akan lebih mudah untuk bisa mengembangkan cerita menjadi lebih menarik.

Penokohan Dalam Novel

Penokohan ini tentunya menjadi salah satu bagian penting dalam sebuah cerita novel yang harus diperhatikan dengan baik. Anda harus membagi penokohan ini dengan baik mulai dari yang protagonis hingga antagonis serta tokoh pendukung lainnya. Interaksi dari masing-masing tokoh tersebut yang akan membangun konflik dalam sebuah cerita. Maka ketika menulis novel Anda harus mengetahui tokoh yang akan bermain dalam cerita dan memperkuat setiap karakternya.

Memperkuat Karakter Setiap Tokoh

Anda harus bisa mengembangkan karakter dasar dari setiap tokoh dengan kuat sehingga nantinya akan lebih mudah untuk membuat interaksi dengan tokoh lainnya. Adanya karakter tertentu pada setiap tokoh juga bisa didukung dengan kisah di masa lalu atau caranya dalam menyikapi berbagai hal. Sehingga nantinya pembaca juga bisa membayangkan tokoh ini secara utuh dan perannya dalam sebuah cerita.

Bermain Dengan Alur

Sejak perencanaan naskah memang seharusnya Anda sudah menentukan alur atau plot cerita yang akan digunakan. Tidak ada patokan khusus tetapi Anda bisa bermain dengan menyampaian alur cerita untuk memancing rasa penasaran pembaca. Tentunya hal ini juga akan meningkatkan sisi menarik dari naskah novel yang Anda buat di mata para pembaca.

Seting Tempat dan Waktu

Memperkuat penjelasan dan gambaran tentang seting tempat dan waktu dalam cerita naskah Anda tentunya sangat penting. Kedua elemen ini menjadi poin pendukung yang akan membuat novel Anda memiliki cerita yang utuh. Dengan seting yang tepat dan jelas maka pembaca bisa dengan mudah mencoba membayakan suasana dan kondisi pada cerita yang ada di dalam naskah novel tersebut.

Menentukan Akhir Cerita Novel

Mencari bagian akhir cerita yang menarik dan berkesan tentunya sangat penting, dengan begitu cerita novel Anda akan terus diingat oleh pembaca. Maka saat proses menulis novel sejak awal Anda sudah mengetahui akhirnya akan seperti apa dan merencanakannya sebaik mungkin. Cerita yang dimulai sejak awal harusnya menggiring pembaca untuk terus merasakan perasaan dari para tokoh hingga sampai di akhir cerita.

Memperhatikan beberapa hal tersebut saat sedang menulis tentunya akan membuat naskah Anda juga menjadi semakin menarik untuk dibaca. Dengan begitu tidak perlu khawatir akan adanya penolakan terhadap cerita yang disampaikan lewat novel tersebut. Jadi Anda bisa menulis novel yang menarik dan tidak membosankan untuk dibaca.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.