Sumber: tirto.id

Apa kesan pertamamu ketika mendengar atau melihat salah satu penulis terkenal dunia? Pasti wah, keren, luar biasa, dan lain sebagainya yang tentu terkesan begitu spektakuler. Tanpa sadar, kita pasti kerap membayangkan sosok penulis terkenal sebagai sosok yang berwibawa, berwawasan luas, dan juga pintar.

Namun, tahukah kamu, di balik sosok-sosok yang tampak hebat tersebut, rupanya mereka juga menyimpan sebuah rahasia, lho. Ya, layaknya manusia pada umumnya, para penulis hebat ini juga memiliki kebiasaan-kebiasaan yang bahkan tak jarang dianggap aneh oleh orang-orang di sekitarnya. Mau tahu apa saja? Simak pembahasan ini, ya!

 

Menyimpan Pakaian

Kebiasaan satu ini dimiliki oleh penulis Les Miserables, Victor Hugo. Sekilas, mungkin tak ada yang aneh dengan menyimpan pakaian. Namun, bedanya menyimpan pakaian yang dimaksud adalah menyimpan pakaian rapat-rapat dalam lemari bahkan sampai tak bisa diambil dengan mudah. Tujuan Victor Hugo melakukan hal tersebut agar ia berpikir tidak memiliki baju yang pantas dikenakan sehingga ia tidak akan keluar rumah. Imbasnya, ia akan memiliki banyak waktu di rumah untuk menuntaskan karya-karyanya.

 

Kertas Tertentu untuk Karya Tertentu

Kebiasaan aneh lainnya dimiliki oleh seorang penulis ternama yang telah menelurkan setidaknya 300 karya, yakni Alexandre Dumas. Dumas memiliki kebiasaan untuk menuliskan puisi di atas kertas kuning, artikel di kertas merah muda, dan novel di kertas biru. Kebiasaan ini juga konsisten ia lakukan di mana saja. Bahkan, saat ia berlibur ke Eropa Timur dan kehabisan kertas biru untuk menulis novel, ia memilih melumuri kertasnya dengan krim agar ia tetap menuliskan novelnya di kertas berwarna biru.

Sumber: canva.com

Posisi Badan Terbalik

Kebiasaan aneh satu ini dimiliki oleh penulis ­sci-fi terkenal, Dan Brown. Percaya tak percaya, Dan Brown menciptakan berbagai mahakaryanya dengan posisi badan yang terbalik. Menurutnya, posisi tersebut membuat dirinya rileks dan mampu berkonsentrasi dengan baik. Selain itu, ia juga merasa terus produktif memperoleh ide dengan posisi tersebut.

 

Mencari Kutu

Dari namanya saja kebiasaan ini sudah terdengar aneh, bukan? Kebiasaan ini dimiliki oleh novelis “gila” dari Prancis bernama Collete. Collete yang seorang penggila binatang memiliki ritual khusus, yaitu berhubungan dengan binatang sebelum ia menuliskan karya-karyanya. Ya, ritual tersebut adalah mencari kutu di anjing peliharaan kesayangannya. Setelah berhasil menemukan kutu-kutu tersebut, Collete pun dapat menulis dengan tenang. Kebiasaan aneh ini bahkan sampai membuat kesal suaminya, lho.

 

Bak Mandi sebagai Ruang Kerja

Pernahkah kamu mendengar ungkapan bahwa ide-ide besar banyak diperoleh di kamar mandi? Hal itu benar-benar dilakukan oleh penulis novel terkenal asal Inggris, Agatha Christie. Christie bahkan mendesain khusus kamar mandinya agar juga menjadi tempat kerja yang nyaman untuknya. Ia suka berendam air hangat di bak mandi favoritnya sambil melahap apel dan menyusun plot-plot yang rumit untuk karyanya.

 

Itulah beberapa kebiasaan aneh yang dimiliki oleh para penulis terkenal dunia. Terkadang, menjadi aneh tak menyurutkan langkahmu untuk mampu meraih kesuksesan, seperti yang para penulis ini tunjukkan. Jadi, tak usah rendah diri dengan keanehan yang kamu miliki dan berjuanglah meraih kesuksesanmu. Bila ingin karyamu dikenal banyak orang, segeralah kirimkan karyamu kepada penerbit, seperti penerbit buku Malang favoritmu.

Kalau masih belum bisa menulis? Mudah, cukup cari saja e-course kepenulisan di sekitarmu. Dengan mengikuti pelatihan, selain mampu menjadi penulis yang andal, kamu juga bisa memperoleh banyak teman, mentor, bahkan berbagai wawasan baru dari sudut pandang yang  beragam.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.