Setiap penulis pasti mengalami masa saat merasa bosan untuk menulis dan menyelesaikan karyanya, tetapi setiap orang juga punya caranya sendiri dalam mengatasi bosan menulis. Ada berbagai cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan rasa bosan yang tiba-tiba datang. Anda tentu harus menemukan solusi yang terbaik dan paling nyaman untuk mengatasi masalah tersebut.

Jangan membiarkan rasa bosan datang pada diri Anda saat sedang menulis. Jika hal tersebut dibiarkan maka nantinya akan membuat karya Anda menjadi lebih lama untuk diselesaikan. Jadi cobalah untuk melawan rasa malas atau bosan tersebut agar karya buku bisa segera selesai dan dipublikasikan seperti tujuan awal Anda.

Membawa Camilan Sambil Menulis

Untuk Anda yang memang suka ngemil maka membawa makanan ringan ini bisa jadi cara mengatasi bosan menulis. Camilan adalah teman yang tepat untuk mendampingi Anda menyelesaikan naskah karya buku yang sedang ditulis. Selain itu, camilan ini juga bisa membantu untuk meningkatkan mood saat menulis agar tidak mudah bosan atau bahkan merasa malas. Tapi tentunya juga harus seimbang saat ngemil dan menulis agar karya Anda bisa selesai sesuai dengan target sebelumnya.

Mendengarkan Musik

Ada sebagian orang yang memang bisa mengerjakan sesuatu dengan mendengarkan musik, bahkan akan merasa lebih tenang dan bersemangat. Anda juga bisa mencoba cara ini untuk meningkatkan semangat saat sedang menulis. Jadi mood Anda tetap dalam kondisi baik dan tentunya tidak akan bosan ketika harus menyelesaikan naskah atau tulisan lainnya. Anda bisa memilih jenis musik yang paling disukai untuk didengarkan saat sedang menulis nantinya.

Jangan Lupa Istirahat

Jika Anda terus-menerus menulis dan mengejar target tentu saja akan lebih mudah merasa bosan dan malas. Ambillah waktu sejenak untuk istirahat, tidak memikirkan naskah, tetapi menyegarkan pikiran dengan melakukan hal lain yang Anda sukai. Dengan begitu, ketika kembali menulis maka pikiran Anda akan lebih fresh untuk menangkap ide baru yang akan dituliskan. Jadi rasa bosan dan malas bisa diatasi dengan baik. Namun pastikan bahwa Anda sudah menentukan berapa lama akan berisitirahat dan mematuhi keputusan tersebut, jangan sampai terlalu lama mengambil waktu istirahat ini.

Pastikan Tempat Menulis Anda Nyaman

Meskipun Anda menulis di rumah atau bahkan di kamar, tetapi pastikan tempatnya nyaman dan tenang. Sehingga Anda tidak akan merasa bosan meskipun menulis untuk waktu yang lama di sana. Sesekali Anda juga bisa mencari tempat menulis lainnya, misalnya di perpustakaan, taman, atau bahkan cafe sehingga bisa mendapatkan suasana baru untuk membangun mood menulis.

Anda bisa memilih langkah mana yang paling cocok untuk dilakukan dalam mengusir rasa bosan saat menulis. Jangan selalu menulis dengan cara yang monoton atau terlalu fokus pada target. Tetapi buat pikiran Anda senyaman dan setenang mungkin saat menulis, sehingga tidak sampai rasa bosan itu datang. Jadi Anda bisa mengatasi bosan menulis sejak awal memutuskan untuk menulis.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.