Mencetak buku secara indie memang memberikan keuntungan untuk Anda manfaatkan dengan baik, tetapi hal itu juga harus didukung dengan cara promosi buku indie yang benar. Langkah promosi tentunya akan memengaruhi tingkat pembelian buku Anda nantinya. Apalagi dengan self publishing tentu saja tidak ada program promosi khusus yang dilakukan untuk memasarkan buku pada target pembaca.

Memanfaatkan Komunitas yang Ada

Komunitas spesifik yang sesuai dengan target pembaca Anda bisa dimanfaatkan untuk melakukan langkah promosi. Blog juga bisa jadi satu sarana untuk memperluas area promosi buku Anda. Tentu saja hal ini akan semakin meningkatkan kesempatan untuk bisa mendapatkan keuntungan lebih besar karena tepat sasaran dan lebih banyak kemungkinan mereka untuk membeli buku yang Anda tawarkan. Ini adalah salah satu cara promosi buku indie yang cukup efektif untuk Anda lakukan dalam proses self publishing.

Gunakan Sosial Media

Saat ini penjualan melalui sosial media memang menjadi langkah untuk promosi yang paling cepat dan menguntungkan. Anda bisa menjaring lebih banyak calon pembeli bahkan dalam area yang lebih luas. Pembelian melalui sosial media tentunya juga harus dilakukan dengan langkah yang benar agar keamanan penjualan tetap terjaga dengan baik. Sehingga penjualan buku Anda juga bisa tetap aman dan memberikan keuntungan secara optimal.

Menyusun Rencana Promosi Buku

Perencanaan promosi harus dibuat semaksimal mungkin dan diikuti dengan baik. Contohnya saja ketika Anda ingin memanfaatkan sosial media untuk menjadi sarana promosi maka harus ada jadwal khusus yang dibuat mulai dari membuat postingan setiap hari, membuat poster, atau video yang digunakan untuk promosi dan disebarkan ke sosial media. Postingan yang rutin akan membuat buku Anda juga semakin banyak dikenal. Pemanfaatan website secara optimal juga bisa menjadi salah satu pilihan pendukung yang menguntungkan untuk dimanfaatkan dengan baik.

Memberikan Bonus Pemesanan

Anda bisa membuat pembeli mendapatkan keuntungan dengan membuka pre-order dengan harga yang lebih murah dari penjualan setelah promosi. Tentunya masa pre-order ini ada jangka waktunya yang terbatas. Sehingga pembeli nantinya akan merasa mendapatkan keuntungan dengan adanya diskon harga. Bisa juga bonus yang diberikan adalah pembatas buku atau voucher lainnya yang memberikan keuntungan bagi mereka.

Menawarkan Secara Langsung

Jika memang buku Anda memiliki kualitas yang terjamin dan memberikan manfaat besar untuk banyak orang maka bisa mencoba untuk menawarkan secara langsung pada beberapa orang secara khusus. Misalnya jika buku Anda bertemakan motivasi kerja atau bisnis tentunya Anda sudah mengetahui siapa yang akan membutuhkan buku tersebut dari orang-orang yang sudah dikenal sebelumnya. Mengaplikasikan cara promosi buku indie seperti ini menjadi salah satu pilihan yang perlu untuk Anda pertimbangkan dengan baik.

Dengan memperhatikan langkah promosi yang akan dilakukan maka proses tersebut juga akan berjalan secara lebih optimal. Jangan sampai Anda memilih untuk melakukan self publishing maka cara promosi buku indie adalah bagian dari proses tersebut yang tidak boleh dilakukan tanpa perencanaan yang optimal dan tepat.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.