Dalam menulis naskah tentunya ada proses yang harus dilalui dengan baik. Namun untuk para penulis pemula, ternyata ada beberapa hal yang dapat menyebabkan naskah tersebut menjadi sulit untuk diselesaikan. Hal ini tentunya perlu untuk diperhatikan dengan baik agar nantinya tidak menghambat proses penyelesaian naskah yang sudah direncanakan.

Tahap Perencanaan yang Kurang Tepat

Jika perencanaan yang Anda lakukan kurang tepat atau kurang matang maka tentu saja juga akan menyulitkan untuk proses penyelesaiannya. Jadi tahap perencanaan mulai dari pemilihan tema, konsep, hingga alur isi naskah harus jelas dan rinci. Sehingga nantinya ketika Anda sudah menjalankan proses menulis naskah akan lebih mudah untuk menyelesaikannya dengan baik sesuai perencanaan yang sudah dibuat sebelumnya.

Kurangnya Fokus Ketika Menyelesaikan Naskah

Ketika fokus Anda dalam menulis terpecah dengan berbagai hal lain maka sudah tentu akan menjadi penghambat penyelesaian naskah itu sendiri. Maka solusi untuk masalah ini adalah meluangkan waktu setidaknya 1-2 jam untuk menulis setiap harinya. Anda harus berusaha konsisten dan memfokuskan diri pada pengembangan naskah di waktu yang sudah ditentukan. Sehingga cara ini akan meminimalisasi pikiran Anda yang terganggu dengan hal-hal lain di luar naskah.

Menunda-Nunda Pekerjaan

Dalam proses menulis naskah target penulisan sangatlah penting untuk diperhatikan dengan baik. Kebiasaan untuk menunda-nunda penyelesaian naskah tentu menjadi sesuatu hal yang harus dihindari semaksimal mungkin. Tentukan berapa banyak jumlah halaman yang harus Anda selesaikan dalam watu hari, kemudian penuhilah komitmen tersebut dengan baik. Sehingga nantinya naskah Anda akan bisa selesai sesuai dengan target yang sudah ditentukan.

Merasa Ragu Pada Naskah yang Ditulis

Jika Anda terlalu banyak berpikir maka tidak akan segera jalan naskah yang seharusnya sudah diproses. Sehingga hal yang terpenting adalah menulislah dulu semampu Anda berdasarkan target yang sudah ditentukan. Untuk proses editing dan koreksi tentu bisa dilakukan nanti dan akan lebih mudah ketika naskahnya sudah ada. Jika konsep dan ide naskah sudah Anda pertimbangkan sebelumnya maka tidak perlu ragu dengan hal tersebut, percayalah dan fokus untuk memberikan manfaat pada lebih banyak orang dengan menulis buku tersebut.

Terlalu Sering Mengoreksi Naskah

Mungkin tujuan Anda baik agar memudahkan proses koreksi sehingga dilakukan saat perkembangannya masih belum terlalu banyak. Tetapi hal ini justru membuat naskah Anda lebih lama proses penyelesaiannya. Dengan melakukan hal ini maka akan ada banyak poin yang membuat Anda ragu dan akhirnya harus sering mengganti isi naskah. Tentunya kebiasaan ini bukanlah sesuatu yang baik untuk dilakukan karena justru menjadi penghambat proses penyelesaian saat menulis naskah buku Anda.

Tidak Belajar Teknik Menulis Naskah

Memang ada beberapa teknik dasar yang perlu untuk Anda ketahui dengan baik dalam proses penyelesaian naskah. Tetapi bukanlah hal yang mutlak dimiliki oleh setiap penulis. Meskipun memang dengan adanya pemahaman tersebut maka Anda bisa mendapatkan cara yang lebih mudah dan cepat untuk menyelesaikan naskah buku yang sedang dikerjakan, sehingga Anda juga lebih cepat mendapatkan manfaat dari buku tersebut.

Hal yang paling penting dalam proses menulis adalah melakukannya dan konsisten setiap harinya. Ketika Anda sudah mulai konsisten maka akan lebih mudah untuk melakukan pengembangan lainnya. Tentukan target dan penuhilah maka naskah buku Anda juga bisa lebih cepat selesai. Jangan terbiasa untuk menunda pekerjaan karena nantinya saat menulis naskah Anda akan terhambat dengan diri Anda sendiri.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.