Ketika Anda sudah berhasil menyelesaikan satu naskah sebelum dikirimkan ke penerbit ada baiknya untuk dilakukan self editing naskah. Proses ini akan membantu Anda untuk bisa melihat dan mengetahui hal-hal dalam naskah yang mungkin perlu untuk diperbaiki atau bahkan ditambahkan. Dengan begitu kualitas naskah Anda juga akan semakin meningkat.

Tentu ada trik khusus yang bisa Anda aplikasikan untuk melakukan self editing ini pada naskah Anda. Akan sangat membantu bagi pihak penerbit untuk lebih cepat ketika mengedit naskah yang Anda kirimkan. Self editing menjadi bagian dari proses Anda untuk menuliskan naskah sebelum sampai ke pihak penerbit atau editor untuk dilanjutkan proses penerbitannya.

Susunan Naskah

Anda perlu untuk melakukan pengecekan ulang mengenai susunan dari keseluruhan naskah. Kelengkapan dan urutan penulisan susunan setiap bagian naskah sudah bisa dipahami dengan baik. Sehingga nantinya ketika diedit Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih cepat dan mudah. Anda juga bisa menambahkan bagian bab yang mungkin dianggap kurang pas atau kurang tepat dan susunan naskah tersebut.

Cek Kalimat Dalam Naskah

Dalam melakukan self editing naskah penting bagi Anda untuk mengecek setiap kalimat yang sudah dituliskan. Anda bisa mulai dengan menyederhanakan kalimat yang sudah dituliskan sebelumnya. Biasanya ketika sedang menulis dan mengembangkan ide ada kalimat yang ternyata kurang efektif sudah dituliskan. Sehingga Anda bisa melakukan pengecekan pada yang mungkin penulisannya masih tidak efektif untuk dibaca atau justru membuat bingung ketika dibaca nantinya oleh para pembaca.

Cek Diksi Pada Naskah

Dalam sebuah naskah Anda perlu menyesuaikan diksi atau pemilihan kata yang digunakan. Apalagi jika pada naskah khusus Anda perlu memperhatikan penggunaan istilah yang tepat. Sehingga nantinya penggunaan istilah sudah cukup sesuai dengan keseluruhan naskah yang dituliskan di dalamnya. Cek lagi diksi yang sudah digunakan dalam naskah tersebut sebelumnya dan baca lagi kesesuaiannya dengan kontennya.

Filter Keseluruhan Naskah

Ketika Anda mulai melakukan self editing naskah sangat penting untuk melakukan filter ini. Hal yang perlu untuk difilter adalah jangan sampai ada kalimat yang bisa menimbulkan fitnah, SARA, atau bahkan kebencian yang tersirat. Sehingga dengan Anda membaca ulang maka dapat meminimalisasi adanya masalah di kemudian hari. Apalagi jika ada bagian naskah yang vulgar dan bisa menyinggung sebagian pihak, sehingga harus mulai Anda hilangkan atau diganti dengan materi lainnya.

Penyesuaian Penggunaan Kata

Sesuaikanlah penggunaan kata yang ada dalam naskah dengan aturan baku yang terbaru. Sehingga nantinya kualitas buku Anda juga akan meningkat. Namun tentunya perlu dipertimbangkan juga dengan sasaran pembaca Anda nantinya. Sehingga dengan begitu pembaca nantinya juga akan lebih nyaman ketika membaca naskah yang Anda tuliskan.

Melakukan self editing sangat penting untuk dilakukan karena berkaitan dengan kualitas naskah dan keamanan naskah tersebut untuk dipublikasikan. Tentunya Anda sebagai penulis juga bertanggungjawab dengan berbagai hal yang tertulis dalam naskah. Sehingga adanya self editing naskah setelah naskah jadi tidak boleh diabaikan atau disepelekan karena kaitannya dengan berbagai hal termasuk reputasi Anda sebagai seorang penulis.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.