Sumber: chathelastcross.wordpress.com

 

Semasa kecil dulu buku apa yang sering kamu baca? Buku dongeng, komik, atau mungkin kamu sudah membaca novel? Ya, novel tidak hanya untuk remaja maupun orang dewasa saja, lho. Banyak buku dari para penulis terkenal yang mengambil tema atau genre novel anak. Lalu, bagaimana sih novel anak itu? Mari kita cari tahu bersama melalui perjalanan hidup penulis novel anak paling produktif sepanjang masa, Enid Blyton.

 

Menulis Sejak Usia Belia

Nama Enid Blyton mungkin tidak terlalu dikenal oleh kalangan pencinta buku masa kini. Namun, dulu nama Enid Blyton telah dikenal tidak hanya di negara asalnya, tetapi juga di berbagai belahan dunia. Enid Blyton adalah wanita kelahiran Dulwich, Inggris, pada tanggal 11 Agustus 1897. Ia lahir dari pasangan Thomas Clare Blyton dan Mary Theresa Harrison. Kegemaran Enid Blyton dalam dunia kepenulisan telah tampak sejak ia berusia belia. Sejak kecil ia telah senang membaca buku, dan saat berusia 14 tahun, ia pernah memenangkan kompetisi menulis puisi.

Sumber: cineverse.id

Buku pertama Enid Blyton terbit pada tahun 1922 dengan judul Child Whispers. Buku ini berisi kumpulan 28 puisi dan menjadi salah satu buku Enid Blyton yang paling populer serta terkenal. Meski awalnya minat Enid Blyton di dunia kepenulisan ini ditentang oleh kedua orang tuanya, tetapi ia berhasil membuktikan bahwa dirinya mampu sukses dari menulis, mulai dari tercipta karya pertamanya hingga menjadi ratusan karya. Totalnya terdapat 753 judul buku atau kurang lebih 16 judul buku per tahunnya yang berhasil Enid Blyton tulis.

Menulis 16 karya dalam satu tahun, rasanya tidak mungkin bisa terwujud, ya? Namun, bila kamu ingin mengikuti jejak Enid Blyton ini, banyak cara yang bisa kamu lakukan. Misalnya, menentukan target menulis per harinya, mengikuti berbagai komunitas atau pelatihan menulis, maupun bekerja sama dengan jasa ghostwriter di sekitarmu.

 

Karya Paling Terkenal

Tidak hanya disukai di Inggris, buku-buku karya Enid Blyton ini bahkan telah diterjemahkan ke berbagai bahasa di dunia, termasuk di Indonesia. Dari 753 judul buku tersebut, terdapat beberapa buku yang begitu terkenal bahkan masih disukai hingga saat ini. Beberapa buku tersebut adalah The Famous Five, The Secret Series, The Five Find-Outers, St. Clare’s, Malory Towers, dan The Secret Seven.

The Famous Five atau dalam bahasa Indonesia berjudul Lima Sekawan berkisah tentang cerita dan petualangan kakak beradik serta sepupu tomboi mereka dengan anjingnya, Timmy. Sementara The Secret Series atau dalam bahasa Indonesia berjudul Empat Serangkai berkisah tentang petualangan empat orang kawan dalam memecahkan berbagai misteri dan melawan para penjahat. The Five Find-Outers atau dalam bahasa Indonesia berjudul Pasukan Mau Tahu berkisah tentang petualangan empat  anak dan seekor anjing Scottie. Sementara itu, St. Claire dan Malory Towers, keduanya berkisah tentang kehidupan tokoh utama di sekolah asrama perempuannya. The Secret Seven atau dalam bahasa Indonesia berjudul Sapta Siaga berkisah tentang petualangan tujuh sahabat dalam memecahkan misteri-misteri yang kerap terjadi di lingkungan mereka.

 

Nah, itulah Enid Blyton. Apakah kamu ingin mengikuti jejak Enid Blyton yang bisa menghasilkan ratusan karya sepanjang hidupnya? Bila terasa berat, kamu juga bisa meminta bantuan atau bekerja sama dengan jasa menulis yang kamu percaya, lho. Misalnya saja, bekerja sama dengan jasa ghostwriter Malang favoritmu.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping