Dalam proses menulis seringkali terjadi beberapa kesalahan penulis pemula yang bahkan mungkin masih juga dilakukan oleh penulis yang sudah lebih profesional. Maka mengetahui beberapa kesalahan umum ini sangat penting untuk diperhatikan dengan baik agar dapat meningkatkan kualitas buku yang sedang ditulis. Selain itu, Anda juga bisa memaksimalkan hasil tulisan agar tidak mengganggu kenyamanan pembaca dalam mendapatkan informasi dari buku Anda.

Mengabaikan Outline Buku

Pembuatan outline buku ini sangat penting dilakukan sebelum memulai untuk menulis buku. Seringkali hal ini diabaikan dan menjadi kesalahan penulis pemula yang harus benar-benar dihindari. Adanya outline buku ini tentunya akan memudahkan Anda untuk menjaga tulisan tetap fokus pada tema dan pemikiran yang sudah ditentukan sebelumnya. Jika Anda sampai mengabaikan pembuatan outline sebelum buku ditulis maka pembahasan di dalamnya akan kemana-mana, tidak fokus, dan justru akan membingungkan para pembaca nantinya.

Tidak Menggunakan Target Menulis

Target yang dimaksud dalam hal ini adalah impian atau hal yang menjadi tujuan Anda menulis. Tentu saja salah satunya adalah memberikan manfaat untuk banyak orang yang membacanya. Impian inilah yang akan menjadi motivasi untuk Anda bisa terus bergairah dalam menyelesaikan tulisan buku Anda nantinya. Anda akan berusaha untuk mencapai impian yang sudah ditentukan sebelumnya. Dengan adanya impian tersebut juga akan membuat Anda bisa lebih mudah untuk menyelesaikannya termasuk membuat target per harinya dalam menulis buku tersebut.

Tidak Menentukan Sasaran Pembaca Sejak Awal

Kesalahan untuk tidak menentukan sasaran pembaca tentunya menjadi salah satu kesalahan penulis pemula yang harus benar-benar Anda hindari. Sehingga dengan begitu akan lebih mudah untuk bisa menentukan konsep bukunya seperti apa. Tentunya cara ini adalah hal yang sangat penting untuk Anda lakukan karena tujuannya adalah memberikan manfaat untuk banyak orang maka harus benar-benar dipertimbangkan konsep bukunya akan menyesuaikan sasaran pembaca yang sudah ditentukan sebelumnya.

Malas Untuk Mencari Ilmu Baru

Malas untuk mencari ilmu baru dengan membaca adalah sesuatu yang berkaitan dengan konsep buku yang sedang ditulis. Jika Anda malas untuk membaca buku dan mencari ilmu baru maka kualitas tulisan yang sedang dibuat. Dengan begitu isi konten Anda akan semakin mantap dan berkualitas sesuai kebutuhan pembaca. Maka tujuan dari pembuatan buku akan tercapai secara lebih optimal.

Judul yang Kurang Menarik atau Tidak Relevan

Judul memang menjadi bagian yang sangat penting untuk menarik perhatian pembaca. Sehingga kesalahan penulis pemula yang sering kali terjadi adalah tidak memperhatikan pembuatan judul yang menarik dan menjual untuk para pembaca. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena juga berkaitan langsung dengan perhatian pembaca untuk membeli dan membaca buku Anda ketika nantinya dijual. Jadi buatlah judul yang relevan dengan isi buku, menarik, dan bagus untuk diucapkan.

Dengan menghindari berbagai kesalahan yang selama ini banyak dilakukan maka Anda akan dapat menjadi penulis yang lebih baik dari lainnya. Meminimalisasi kesalahan yang ada akan meningkatkan kualitas buku yang Anda hasilkan. Sehingga perhatikan dengan baik beberapa kesalahan penulis pemula agar tidak menjadi penghalang ketika menyelesaikan proses menulis buku yang Anda rencanakan.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.