Dengan perkembangan dunia digital saat ini tentunya memberikan dampak terhadap perkembangan dunia literasi salah satunya adalah ebook, baik buku atau ebook tentu memiliki kelebihannya masing-masing. Memang masih banyak menjadi pro dan kontra di kalangan masyarakat terkait dengan adanya ebook  ini yang seakan menjadi jawaban baru untuk seni membaca dan mendapatkan informasi.

Perkembangan teknologi yang menghasilkan ebook ini tentunya sesuatu yang perlu untuk diapresiasi. Tentunya teknologi tersebut akan memberikan manfaat yang optimal ketika digunakan secara tepat. Belakangan banyak bermunculan pertanyaan, apakah buku akan tergantikan oleh ebook? Jawabannya akan kembali pada pemikiran Anda masing-masing tentunya.

Ebook Untuk Pembaca yang Praktis

Bagi pembaca masa kini yang mungkin memiliki banyak kegiatan dan mobiitasnya tinggai maka ebook adalah jawaban untuk keinginannya membaca tetapi merasa repot jika harus membawa buku kemana-mana. Sehingga disela kesibukan yang dilakukan seiap harinya, tetap bisa mendapatkan informasi yang optimal sesuai kebutuhan tanpa perlu repot.

Memang keputusan untuk memilih buku atau ebook berdasarkan pada pertimbangan Anda masing-masing. Namun penggunaan ebook yang ada di gadget jika dibaca terlalu lama maka akan menimbulkan kelelahan pada mata. Selain itu saat membaca Anda juga lebih mudah untuk terganggu dengan notifikasi yang muncul sehinga informasi yang didapatkan dari bacaan tersebut tidak utuh.

Maka jika memang Anda ingin membaca menggunakan ebook harus fokus untuk menyerap informasinya terlebih dahulu. Tentukan waktu yang akan digunakan membaca di ebook tanpa terganggu dengan berbagai notifikasi yang masuk ke gadget Anda. Dengan begitu meskipun menggunakan ebook tetap ada manfaat optimal yang didapatkan asal tidak membacanya berlebihan atau terlalu lama menatap layar gadget Anda.

Buku yang Tak Akan Terganti

Bagaimana pun buku etap menjadi sumber informasi dan hiburan yang paling menyenangkan untuk dibaca. Dengan memilih membaca buku maka Anda bisa beristirahat sejenak dari paparan sinar layar pada gadget dan mendapatkan hiburan atau pengetahuan baru. Tentunya buku masih memiliki daya tarik tersendiri untuk digunakan dibandingkan dengan ebook.

Penjualan buku secara fisik ternyata juga tidak kalah banyak dari buku elektronik atau ebook ini. Sehingga memang masih banyak yang menyukai untuk menggunakan buku secara fisik dalam mendapatkan informasi dan hiburan lainnya. Kemudahan yang diberikan oleh teknologi tidak cukup untuk menggantikan nyamannya membaca dari buku secara fisik. Banyak faktor yang menjadi pertimbangan mereka dalam memilih buku atau ebook bergantung pada keinginan serta kenyamanannya masing-masing.

Tidak ada yang benar-benar lebih unggul antara buku dan ebook semua memiliki kelebihan dari sisinya masing-masing. Bahkan keduanya bisa saling mendukung ketika digunakan dengan cara yang tepat. Sehingga Anda bisa menentukan sendiri akan menggunakan buku atau ebook sesuai kenyamanan diri saat membaca buku baik digital maupun secara fisik.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.