Sumber: pinterest/weheartit.com

Membaca buku merupakan aktivitas yang tidak hanya menjadi sarana hiburan, tetapi pastinya menambah pengetahuan. Nah, karena membaca buku sejatinya menambah wawasan maka kamu jangan menyia-nyiakannya. Menyia-nyiakan bagaimana maksudnya? Habis dibaca, terbitlah lupa.

Hm, jangan seperti itu, ya. Yuk, belajar menjadi pembaca aktif agar pengetahuan dari bacaanmu lebih bermanfaat, bermanfaat bagi dirimu dan orang lain juga. Gimana sih caranya menjadi pembaca aktif? Cari tahu caranya!

 

Daftar buku bacaan

Ketika selesai atau sedang membaca sebuah buku, ada baiknya untuk membuat daftar buku yang sudah maupun sedang dibaca. Kamu bisa menulis informasi bukunya yang meliputi judul buku, penulis, dan penerbit buku. Hal ini bisa membuatmu lebih produktif dan semangat untuk membaca buku-buku lainnya.

Tandai kalimat yang penting

Sebagai manusia, tidak semua kalimat akan tecerna dan tersimpan di dalam otak. Maka dari itu, penting sekali untuk memberikan tanda di dalam kalimat yang menurutmu penting, seperti memberikan stabilo atau sticky note. Apabila sudah tertandai, kamu bisa langsung mengetahui kalimat yang penting.

Buat ulasan buku

Membaca buku sampai tuntas akan membuatmu secara sadar mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Buatlah ulasan buku untuk melatihmu berpikir kritis. Dengan begitu, kamu akan terbiasa menilai kualitas sebuah buku bacaan.

Tulis di media sosial

Memiliki pengetahuan yang baru otomatis juga memberikan dampak atau sudut pandang baru, bukan? Nah, alangkah lebih bermanfaat lagi apabila kamu membagikan ulasan bukumu melalui postingan di media sosial. Selain berbagi ilmu, kamu juga bisa saling bertukar pendapat dengan teman-temanmu di media sosial ataupun di e-course kepenulisan yang kamu ikuti.

Sering berkunjung ke toko buku

Bingung  dan butuh referensi bacaan karena sudah bosan dengan bacaan yang itu-itu aja atau sudah kehabisan buku untuk dibaca? Kamu harus pergi ke toko buku! Upgrade wawasan kamu dengan upgrade bahan bacaan dan amati buku apa yang sedang best seller ataupun booming.

 

Oke. Itu dia lima langkah penting untuk menjadi pembaca aktif. Yuk, jangan bosan untuk menambah wawasan dengan membaca buku. Kalau bisa, perluas wawasanmu dan bagikan wawasan itu melalui tulisan.

Kamu bisa menorehkan wawasanmu itu ke dalam bentuk buku. Caranya gampang, kok. Kamu cukup menulis sampai selesai, kemudian kerja sama dengan penerbit buku profesional seperti Penerbit Buku Malang, Penerbit Buku Yogyakarta, dan lain-lain untuk menerbitkan.

Selamat berkarya!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.