Sumber:99.co

 

Berbagai buku terpajang di jejeran rak buku salah satu sudut rumahmu, ditambah dengan sofa empuk dan meja kaca di tengahnya. Begitulah pemandangan perpustakaan pribadi milikmu, sungguh sangat indah, kan. Memiliki perpustakaan sendiri memang menyenangkan karena bisa diatur sesuka hati. Selain itu, kamu juga bisa mengunjunginya kapan pun kamu mau. Namun, bila perpustakaanmu tak sesuai dengan keinginan, bisa-bisa malah menjadi ruangan yang selalu kamu hindari. Lalu, bagaimana sih agar bisa membuat perpustakaan pribadi yang sesuai dengan keinginan hati? Coba simak beberapa tips berikut.

Sediakan Dana Tiap Bulannya

Hal utama yang harus kamu siapkan adalah uang. Bagaimana kamu membuat perpustakaan tanpa menyisihkan uang untuk membeli beberapa buku tiap bulannya? Tidak perlu sampai menghabiskan seluruh uangmu kok. Cari tahu berapa harga buku yang kamu ingin beli dalam satu bulan kemudian sisihkan uangmu, baik dalam satu waktu selama satu bulan atau dengan menyisihkan beberapa ribu setiap harinya.

Siapkan Ruang untuk Memajang Buku

Jangan lupa menyiapkan ruang di salah satu sudut rumahmu untuk dijadikan perpustakaan. Apakah itu sebuah ruangan tersendiri atau hanya berupa salah satu sudut dinding di kamarmu. Jangan khawatir bila hanya sedikit ruang untuk itu. Cari berbagai desain yang bisa diterapkan untuk menampung beragam buku di ruang yang kecil.

Kepoin Event Diskon dan Promosi Buku

Sumber: batam.tribunnews.com

Cara ini sangat menguntungkan buat kamu. Dengan mendatangi berbagai event diskon atau promosi buku dari penerbit buku Malang, penerbit buku Yogyakarta, maupun toko buku di sekitar, kamu bisa saja menemukan buku yang kamu inginkan dengan harga lebih murah dari harga di pasaran. Bila demikian, tentu kamu bisa menghemat uang dan mengalokasikannya untuk dana membeli buku bulan depan.

Cari Berbagai Klub Buku di Sekitar

Kamu bisa bergabung dengan berbagai klub buku di sekitarmu. Misalnya saja Klub Pecinta Buku, Klub Si Kutu Buku, atau bahkan kamu bisa mengikuti akun-akun jasa menulis buku di sekitarmu. Dengan bergabung dan mengikuti klub maupun akun-akun tersebut kamu bisa memperoleh banyak rekomendasi buku menarik ataupun rekomendasi buku berkualitas lainnya.

Rutin Mengunjungi Perpustakaan

Meski akan membuat perpustakaan pribadi, bukan berarti kamu tidak perlu mengunjungi berbagai perpustakaan di sekitar. Dengan rutin mengunjungi dan membaca berbagai koleksi buku di perpustakaan sekitar tempat tinggal, referensi bukumu akan bertambah. Bila demikian, tentu kamu tidak akan kehabisan judul buku yang akan kamu beli untuk menambah koleksi perpustakaan pribadimu.

Rak Buku yang Sesuai

Sumber: popbela.com

Rak buku yang sesuai adalah rak seperti keinginan hati dan cocok dengan kondisi ruangmu. Bila kamu menyukai rak buku besar, tetapi ruang yang tersedia hanyalah sudut kamarmu sebaiknya kamu coba alternatif lain seperti rak buku minimalis yang menempel di dinding. Atau bila kamu memiliki ruang yang luas, tetapi bosan dengan rak buku besar dan tebal coba kreasikan seperti bentuk setengah lingkaran, menyerupai pohon, maupun bentuk lainnya.

Buat Secantik Mungkin

Perpustakaan tidak hanya berisi rak dan kumpulan buku saja. Kamu bisa mempercantik perpustakaanmu dengan menambahkan hiasan-hiasan seperti stiker dinding maupun pot bunga. Menambahkan sebuah sofa mungil dan meja kecil juga bisa dilakukan. Perpustakaan yang cantik dan nyaman tentu akan membuatmu betah berlama-lama di dalamnya.

Sumber: tribunnewss.github.io

 

Apakah kamu sudah berhasil membuat perpustakaan pribadimu? Bila belum, tak ada salahnya untuk merencanakannya. Apalagi buku adalah jendela dunia. Dengan memahami berbagai macam buku, berarti kamu telah mengetahui cukup banyak hal di dunia. Selain itu kamu juga bisa berbagi dengan perpustakaanmu. Misalnya, dengan mengadakan bagi-bagi buku gratis atau membuka peminjaman tanpa biaya. Yuk, buat perpustakaan versimu!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.