Menjadi seorang penulis buku atau novel bukanlah suatu hal yang mudah, perlu banyak usaha dan perjuangan, apalagi ketika menulis buku dan menginginkan naskah kita dapat diterima lalu”diterbitkan oleh penerbit.

1. Tentukan tema dan”genre“naskah

Tema dan”genre“adalah hal yang paling penting dalam penulisan sebuah naskah, karena kedua unsur tersebutlah yang akan”mengarahkan tujuan tulisanmu“dan apa yang ingin kamu sampaikan ke pembaca.

2. Buat kerangka tulisan

Ketika kamu ingin membuat kue, kamu pasti akan bingung jika tidak mempunyai resep, karena tidak ada”“guide”“yang menuntunmu membuat kue tersebut sampai berhasil. Begitu pula dengan menulis buku atau novel.

3. Kumpulkan referensi sebanyak mungkin

Baca, baca dan baca!”Writers are readers.“Penulis terbaik adalah seorang pembaca yang baik. Jangan sampai setiap kamu berhenti setiap menulis satu paragraf karena referensi yang kamu butuhkan belum disiapkan.

4. Kerapian naskah

Siapa yang tidak suka membaca naskah yang rapi” Setelah menulis buku atau novel, jangan lupa”review“dan edit kembali tulisanmu jika ada kesalahan ketik”(typo)”atau kalimat yang kurang enak dibaca. Ikuti aturan penerbit tujuanmu dalam format pengirimannya seperti ukuran kertas,”margin, jenis dan ukuran huruf.

5. Sinopsis yang”eye-catching

Bukan hanya foto atau gambar yang bisa membuat mata ingin melihatnya terus menerus, sinopsis juga mempunyai daya tarik yang besar agar editor menerima naskah.

Setelah melakukan semua tips menulis buku atau novel di atas, kamu bisa langsung mengirimkan naskah ke penerbit tujuanmu. Kamu bisa mengirimkannya melalui pos,”emailatau langsung di dalam website penerbit seperti Inner Child Crowdfund Publisher (ICC Publisher).

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.