Untuk bisa melakukan sesuatu dengan konsisten tentu Anda akan membutuhkan motivasi yang kuat maka sangat penting menemukan motivasi penulis pemula yang akan menjadi dorongan untuk Anda. Dengan adanya motivasi yang kuat maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menyelesaikan proses menulis. Setiap orang bisa saja memiliki motivasi yang berbeda bergantung pada pemikirannya masing-masing.

Ada banyak penulis terkenal yang sudah cukup lama berada di dunia menulis. Anda juga bisa mendapatkan motivasi dari para penulis tersebut. Adanya motivasi kuat ini tentunya menjadi pendorong bagi Anda untuk terus berkarya melalui tulisan. Tidak dapat dipungkiri jika terkadang pasti ada rasa mulai jenuh atau tidak bisa mendapatkan inspirasi untuk menulis, sehingga dalam hal ini dibutuhkan motivasi atau pesan yang tepat dan kuat.

Syarat Menjadi Penulis dari Kuntowijoyo

Menurut Kuntowijoyo syarat menjadi penulis adalah menulis, menulis, dan menulis. Baginya satu-satunya jalan untuk bisa berkarya dalam dunia menulis adalah dengan terus melakukannya. Tentu hal ini adalah sesuatu yang mungkin perlu untuk ditegaskan dalam diri para penulis pemula. Hal yang bisa membuat Anda besar sebagai penulis adalah terus melakukannya secara konsisten, sehingga nantinya akan membiasakan untuk terus mengembangkan kemampuan menulis tersebut.

Menulis dari Sesuatu yang Dekat (J.K Rowling)

Terkadang para penulis pemula bukan malas untuk menulis tetapi justru bingung mau memulai dari mana tulisannya. “Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang kau ketahui. Tulislah tentang pengalaman dan perasanmu sendiri,” adalah pesan dari J.K Rowling untuk para penulis pemula. Tidak perlu bingung memulai menulis dari mana karena Anda bisa memulainya dari sesuatu yang dekat dan ada di sekitar untuk memancing kreatifitas dalam menulis. Kemudian Anda tinggal mengembangkan kemampuan tersebut.

Menulis Untuk Keabadian

Novelis legendaris Indonesia, Pramoedya Ananta Toer mengatakan, “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” Tentunya hal ini bisa dijadikan sebagai motivasi penulis pemula, dengan menulis maka Anda akan membawa nama Anda sendiri sebagai penulis untuk terus diingat dan menghasilkan karya yang bermanfaat bagi lebih banyak orang.

Semangat dari Orang Sekitar

“Penulis yang baik tak hanya memiliki semangatnya sendiri, tetapi juga semangat teman-temannya.” (Friedrich Nietszche). Maka sangat penting untuk memperhatikan semangat dari orang-orang yang ada di sekitar Anda. Dorongan semangat ini tentu akan menjadi motivasi penulis pemula yang begitu kuat untuk menyelesaikan naskah yang sedang ditulis.

Anda harus menemukan motivasi untuk menulis berdasarkan pendorong diri masing-masing. Tidak perlu mengikuti motivasi orang lain. Tetapi Anda bisa menjadikannya sebagai inspirasi untuk motivasi diri selama menulis. Segera temukan motivasi penulis pemula dan teruslah berkarya.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.