Perbedaan EYD, EBI dan PUEBI

Seringkali orang berbicara tentang kesalahan dalam penulisan bahasa Indonesia yang benar, seperti “Tulisan kamu belum sesuai dengan EYD!” atau “kalau menulis itu harus sesuai dengan EBI” dan juga “Pelajarilah PUEBI supaya tata bahasa ditulisanmu tertata dengan benar!”

Hubungan antara ketiga istilah ini sudah tercantum dalam Permendikbud RI Nomor 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia pasal satu sampai dua.
Berikut bunyinya :

Pasal 1
o Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dipergunakan bagi instansi pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar.
o Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini.

Pasal 2
o Pada saat Peraturan Menteri ini mulai berlaku, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 46 Tahun 2009 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Kesimpulannya adalah;
EYD (Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan) adalah aturan tata bahasa yang berlaku di Indonesia sejak 2009 sampai 2015.
EBI (Ejaan Bahasa Indonesia) adalah aturan tata bahasa yang berlaku di Indonesia sejak 2015 dan masih berlaku hingga sekarang.
PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) adalah buku pedoman yang di dalamnya berisi tentang aturan EBI itu seperti apa.

Salam Literasi

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.