Perubahan EYD menjadi EBI

EYD berubah menjadi EBI (Ejaan Bahasa Indonesia) sebagai pedoman umum sejak akhir tahun 2015 silam. Perubahan ini dilakukan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Indonesia yang berlandaskan Peraturan Menteri dan Kebudayaan RI Nomor 50 Tahun 2015.

Lalu, apa yang melatarbelakangi EYD berubah menjadi EBI”

Hal yang melatarbelakangi perubahan EYD menjadi EBI adalah zaman yang teus berubah, teknologi yang terus berkembang, dan bahasa pun yang terus menyesuaikan perubahan. Karena bahasa terus berkembang, kita tidak akan mungkin akan terus terpaku dengan aturan lama sehingga aturan mengenai kebebasan juga menyesuaikan seperti halnya perubahan EYD menjadi Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Perubahan ini juga karena masyarakat kritis yang terus mendesak Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Indonesia untuk segera merevisi EYD sehingga terbentuklah EBI. Meski sudah dirilis sekitar akhir tahun 2015, sebagian masyarakat masih belum familiar terhadap PUEBI sehingga Kepala Badan Pengembangan dan Pembinanaan Bahasa, Dadang Sunendar, meminta media massa untuk membantu menyebarkan informasi mengenai PUBEI supaya lebih mudah sampai ke masyarakat dan tenaga pengajar seperti guru dan dosen.

Salam Literasi

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.