Sumber: pinterest/etsy.com

Membaca buku menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Namun, bagi sebagian lainnya menjadi sebuah kegiatan yang membosankan. Kalau kamu ikut di sebagian mana, nih?

Atau kamu ingin sekali membaca buku, tetapi ketika masih beberapa lembar yang dibaca kemudian rasa bosan melanda. Wah, harus segera ditangani ini. Kamu perlu menerapkan trik self reward secara psikologi untuk membasmi kebosananmu ketika membaca buku.

Self-reward gimana maksudnya? Self reward itu bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih kepada dirimu sendiri. Memberikan hadiah sebagai bentuk cinta terhadap diri sendiri itu penting loh. Jadi, ketika kamu mulai bosan membaca buku, kamu terapkan self-reward ini.

Gimana caranya? Yuk, pahami dan pilih yang sesuai denganmu.

Piknik

Sumber: wattpad.com

Membaca buku di akhir pekan atau di hari libur merupakan wahana untuk refreshing otak. Menjadi lebih mengasyikkan apabila memberikan hadiah kepada diri sendiri untuk membaca buku sekalian piknik. Piknik dengan melihat pemandangan di sekitar dijamin tidak membuatmu bosan.

Makan enak

Sumber: twitter.com

Makanan merupakan asupan energi terbaik bagi manusia. Makan makanan yang enak atau favorit bisa banget menjadi penyemangat untuk membaca buku. Coba deh setelah membaca, sebelum membaca, atau ketika membaca buku berikan hadiah makanan kepada diri sendiri.

Beli barang baru

Sumber: pinterest/whowhatwear.com

Membeli barang untuk diri sendiri ketika momen tertentu bukan suatu hal yang boros kok. Kamu boleh loh memberi hadiah kepada diri sendiri setelah selesai membaca satu buku penuh. Kamu tidak akan bosan untuk terus membaca buku karena ada satu dorongan semangat.

Ikut kursus

Sumber: pinterest/heatherdeveaux.com

Mengikuti challenge atau kursus seperti trainer menulis sangat membantumu semangat membaca. Kenapa? Karena kamu akan terpicu mencari bahan referensi untuk tulisanmu. Saat kursus itu selesai maka akan ada kepuasaan tersendiri, atau bahkan aktivitasmu membaca buku menjadi kebiasaan baru.

Selingi dengan hobi lain

Sumber: weheartit.com

Buatlah sebuah aktivitas untuk memulai kebiasaan membaca buku 15—30 menit sebelum tidur. Lakukanlah secara rutin selama 5—6 hari. Nah, di 1—2 hari yang kosong dalam sepekan itu kamu bisa bebas melakukan hobi lain yang kamu senangi.

 

Gimana? Sudah ada gambaran untuk menerapkan self-reward yang mana?

Semakin berkembangnya zaman maka wajib juga memberikan pengembangan pengetahuan untuk diri sendiri. Caranya ya dengan baca buku.

Membaca buku sangat bermanfaat untuk hidup. Apalagi jika ilmu-ilmu yang kamu dapat dkembangkan lagi menjadi sebuah buku. Saat ini sudah banyak kok jasa menulis buku yang bisa membantumu.

Selamat berkarya!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping