Sumber: lucu.me

Saat ini buku-buku fiksi ataupun nonfiksi dilengkapi dengan gambar-gambar ilustrasi yang bisa membuat buku lebih menarik. Kalau kamu sering berkomunikasi dengan penerbit buku Malang ataupun beberapa penerbit lainnya, mereka biasanya juga menawarkan ilustrasi ketika kamu akan membuat buku. Nah, ilustrasi itu juga bisa loh kamu beri balon kata agar lebih ekspresif.

Perlu diketahui bahwa balon kata merupakan sebuah tempat untuk meletakkan kalimat yang diucapkan tokoh ataupun narasi cerita. Akan tetapi, kamu sadar gak sih kalau bentuk dari balon kata itu berbeda-beda? Sebelum kamu penasaran banget balon kata itu ada apa aja, yuk, simak artikel ini biar tahu!

 

Balon ucapan

Sumber: pngwing.com

Di dalam cerita selalu ada dialog antartokoh. Kalimat dialog ini digambarkan dengan balon ucapan berbentuk oval dan posisinya horizontal. Kemudian di ujungnya ada ekor yang mengarah ke mulut tokoh yang sedang berdialog atau apa pun yang mengeluarkan suara. Jadi, balon ucapan memiliki fungsi untuk menempatkan kalimat yang diucapkan oleh tokoh.

Balon pikiran

Sumber: app.roll20.net

Sebagai manusia, kita pasti sering berbicara dengan pikiran atau batin kita sendiri. Nah, di dalam sebuah cerita juga sama, selain kalimat yang diucapkan tokoh kepada tokoh lainnya, juga ada kalimat yang diucapkan tokoh lewat pikiran atau batinnya. Kalimat tersebut ditempatkan pada balon pikiran yang berbentuk oval dengan garis yang putus-putus.

Balon keterangan

Sumber: Shapes Ms. Word

Sebuah cerita selalu diikuti situasi yang berbeda-beda, mulai dari latar tempat hingga latar waktu. Untuk menggambarkan keterangan-keterangan di dalam cerita melalui ilustrasi maka digambarkan penjelasannya dalam bentuk persegi tanpa ekor. Dengan begitu, pembaca dapat mengetahui apabila terjadi pergantian cerita dan suasana dalam cerita.

 

Itu dia tiga balon kata yang sudah kamu ketahui. Sebenarnya masih ada beberapa balon kata lainnya, tetapi yang paling umum digunakan adalah tiga balon kata tersebut.

Kalau kamu mengikuti salah satu e-course kepenulisan, biasanya ada sesi untuk mengenal balon kata tersebut. Ketika kamu mengetahui jenis balon kata maka kamu akan lebih mudah menyampaikan keinginan ilustrasimu kepada penerbit buku yang akan membantumu untuk menerbitkan sebuah buku tentunya. Jadi, tunggu apa lagi?

Selamat berkarya!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.