Tidak menutup kemungkinan untuk para muslimah berhijab syar”i melakukan aktivitas di luar rumah. Dan bagi kebanyakan muslimah, mereka lebih senang untuk menggunakan motor sebagai alat transportasi karena dirasa lebih efektif dan efisien. Bagi muslimah berhijab syar”i harus sangat ekstra hati-hati dalam mengendarai sepeda motor karena kain yang lebar biasanya akan mengganggu saat berkendara. dan beberapa kasus kecelakaan yang dialami oleh muslimah, kain yang terselip di roda motor merupakan sebab kecelakaan terjadi.

Tentunya kecelakaan yang tidak pernah kita harapkan itu bisa kita hindari sedini mungkin dengan menerapkan prinsip safety riding. Prinsip safety riding tidak hanya berlaku bagi muslimah berhijab syar”i namun untuk semua pengendara sepeda motor. Namun bagi muslimah berhijab syar”i diharuskan memiliki kehati-hatian lebih ekstra dalam bersepeda.

Berikut tips sederhana safety riding untuk muslimah berhijab syar”i yang harus diperhatikan sebelum berkendara.

Pertama, sebaiknya gunakan motor matic.

Muslimah sebaiknya menghindari menggunakan motor bebek. Apalagi bagi muslimah yang mengenakan jilbab dengan ukuran besar atau panjang. Sebaiknya gunakan motor jenis matic. Kecelakaan biasanya terjadi karena jilbab atau gamis terlilit velg roda belakang atau rantai motor. Jika terpaksa harus menggunakan motor bebek maka sebaiknya menekuk semua kain sedemikian rupa untuk menghindari terlilit dengan roda sepeda.

Kedua, gunakan helm standar SNI.

Perlu diperhatikan bahwa jalanan aspal itu sangat keras, jika seseorang terjatuh dari sepeda motor dan tidak mengenakan helm maka bisa membentur ke kepala yang tidak memakai helm. Jauh atau dekatnya jarak tempuh, jangan dijadikan alasan untuk menanggalkan helm.

Ketiga, perhatikan aurat.

Jangan lupakan soal aurat yang kadang tersingkap ketika berkendara. Gunakan legging, celana dan atau kaus kaki yang panjang agar aurat Anda tertutupi meski sudah menggunakan gamis.

Keempat, perhatikan khimar Anda.

Ketika berboncengan, perhatikan khimar Anda. Jangan sampai menutupi lampu rem dan atau lampu sen motor yang tengah Anda kendarai. Jika lampu rem tertutup, itu sangat berbahaya karena akan menyulitkan pengendara di belakang Anda

 

Referensi: https://www.islampos.com/tips-safety-riding-for-muslimah-1455/

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.