Difteri. Mungkin saat ini kita tidak asing dengan penyakit ini, penyakit berbahaya yang dapat berujung dengan kematian. Difteri merupakan penyakit infeksi menular di selaput lendir hidung dan tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium Diphtheriae. Penderita akan merasakan sakit di tenggorokan, demam, dan lemas pada awalnya hingga terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening. Cara mencegah penyakit difteri yang paling efektif adalah dengan melakukan imunisasi. Mengapa” Karena dengan imunisasi dapat memberikan kekebalan pada tubuh kita yang sifatnya spesifik terhadap penyakit tersebut. Namun, adakah cara lain dalam mencegah difteri selain hal tersebut” Berikut tiga cara yang dapat dilakukan dalam mencegah penyebaran penyakit difteri.

  1. Menghindari kontak langsung dengan penderita

“””” Tentu hal ini sudah menjadi prosedur standar dalam penanganan” pasien difteri agar kita tidak terinfeksi virus tersebut.

  1. Memutus rantai penularan

“””” Penyakit yang disebabkan bakteri ini, dapat menyebar dari satu orang ke orang lain melalui respiratory droplet, seperti air ludah dan ingus orang yang sudah terinfeksi. Maka dari itu, perlu dilakukan isolasi pada penderita difteri agar kita yang belum tertular tidak menjadi carrier difteri.

  1. Pola hidup yang sehat

“””” Menjalankan pola hidup sehat memang sesuatu yang sangat baik dan sangat dianjurkan. Namun pada penyakit difteri dengan level yang” berbeda, tentu tidak cukup dengan cara ini. Setidaknya kita yang masih sehat dapat tetap menjaga imunitas tubuh agar kebal terhadap penyakit difteri.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.